Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Wenger Nilai Oezil Sedang Berada di Usia Emas

By Firzie A. Idris - Minggu, 25 Oktober 2015 | 23:04 WIB
Mesut Oezil, cocok dengan Wenger. (Getty Image)

Enam assist dan dua gol sudah dibuat oleh Mesut Oezil musim ini. Bintang asal Jerman itu menjadi pemain paling banyak memberi assist di Premier League musim ini bersama David Silva dari Manchester City.

Menurut pelatih Arsenal, Arsene Wenger, Oezil sedang berada dalam usia emas seorang pesepak bola.

Setelah sempat mengalami performa yang naik turun sejak dibeli dari Real Madrid pada September 2013, pemain berusia 27 tahun tersebut belakangan ini terus tampil memukau dan sukses sebagai dirijen permainan.

"Umurnya sekarang 27 tahun, sementara usia emas buat seorang pesepak bola adalah 27-31 tahun. Di usia itu pemain sudah menyadari tugasnya dan yang paling penting bukan sekedar bermain tapi juga meraih kemenangan," kata Wenger.

Saat berusia di bawah 25 tahun, pikiran pemain kadang belum stabil. Setelah berusia 27 tahun, pemain itu makin sadar akan efisiensi permainan dan makin mampu mengatasi suasana hati.

"Ia sangat fokus pada tugasnya, bijaksana dalam mengembangkan bakatnya, dan pemain yang sangat kolektif. Ia sosok penuh rasa hormat. Bila diminta mengerjakan sesuatu, ia akan melakukannya. Menurut saya bakatnya sangat istimewa. Kadang-kadang ia mengorbankan dirinya demi tim," puji Wenger lagi.

Meski demikian, Oezil tak termasuk dalam daftar calon penerima FIFA Ballon d'Or. Alexis Sanchez menjadi satu-satunya pemain Arsenal yang masuk daftar.