Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Virus Perdamaian The Jak dan Bobotoh di GBK

By Jalu Wisnu Wirajati - Minggu, 18 Oktober 2015 | 14:37 WIB
Sambutan kepada bobotoh di GBK. (Ferril Dennys/KOMPAS.com/JUARA.net )

Ada tindakan sangat positif yang dilakukan segilintir suporter Persija Jakarta atau The Jakmania jelang pertandingan final antara Persib Bandung dan Sriwijaya FC, di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Minggu (18/10/2015) malam.

Rival salah satu anggota Jakmania dari jembatan lima dengan menggunakan jaket berwarna oranye berfoto bersama bobotoh yang mulai berkerumun di sekitar wilayah GBK, Minggu siang. Tindakan Rival disambut baik oleh bobotoh. Rival mengaku khawatir dengan tindakan yang dilakukannya.

"Saya sama teman saya Iwan menyambut bobotih. Kenapa mesti takut? Kan niatnya baik. Viking juga menyambut meski ada yang kekananakan," kata Rival.

Saat melakukan tindakan damainya, Rival sempat mendapatkan umpatan dari salah satu oknum bobotoh. "Hei buka jaket. Arek terkenal sia," umpat salah satu bobotoh. Setelah itu, sejumlah wartawan menyarankan Rival membuka jaket demi keselamatannya. Salah satu personel kepolisian juga memberikan nasihat serupa seraya memarahi oknum bobotoh tersebut.

Tidak hanya Rival yang menyebarkan virus damai, Reza anggota The Jakmania asal Bekasi Selatan melakukan tindakan positif. Ia membawa spanduk dengan bertuliskan,"Selamat Datang Bobotoh Persib. Save Persija. Bersatu Itu Seru."  Reza bersama sejumlah bobotoh bersama dengan spanduk tersebut. "Kami ingin menyambut bukan menyambit," kata Reza.

Reza berharap tindakan yang dilakukannya bisa diikuti anggota The Jakmania lain. "Kami suatu saat ingin disambut di Bandung. Kan Persija juga butuh The Jakmania saat bermain di Bandung," kata Reza.

Tindakan segelintir The Jakmania ini mendapatkan respon positif dari Viking. "Ini tindakan positif. Semoga dengan hal ini memperbaiki hubungan kami ke depan. Semoga bisa menjadi virus yang menularkan perdamaian," tutur Iim Iryanto anggota Viking asal Kuningan, Jawa Barat.

Sementara itu, sejumlah bobotoh mulai memadati GBK. Bahkan, pihak panitia telah membuka pintu seperti yang terlihat di VIP Timur.