Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Ini Peran Riyad Mahrez dalam Usaha Jamie Vardy Kejar Rekor Van Nistelrooy

By Firzie A. Idris - Minggu, 8 November 2015 | 12:28 WIB
Jamie Vardy mencetak gol dari titik putih kontra Watford di King Power Stadium pada 7 November 2015. (Tony Marshall/Stringer/Getty Images)

Pelatih Leicester, Claudio Ranieri, memuji semangat kebersamaan tinggi dalam timnya setelah Riyad Mahrez (24) memberikan Jamie Vardy (28) kesempatan untuk mencetak gol dari titik putih saat melawan Watford pada Sabtu (7/11/2015) sehingga sang striker dapat memperpanjang catatan mencetak golnya di Premier League.

Vardy membukukan gol ke-12nya The Foxes mengalahkan Watford 2-1 di Stadion King Power. Ini adalah gol kesembilannya secara beruntun dan Vardy selangkah lagi menyamai torehan menjebol gawang lawan dalam 10 laga beruntun yang dibukukan Ruud van Nistelrooy.

Keadaan bisa berubah apabila Mahrez, yang merupakan penendang penalti utama klub, tidak memberi si kulit bundar kepada Vardy. Tendangan 12 pas itu sendiri datang setelah Heurelho Gomes menjatuhkan Vardy di kotak terlarang.

Mahrez telah bersiap mengambil tendangan tapi ia berubah pikiran setelah para suporter menyiulinya. Ia pun mengalah dan membiarkan Vardy mengambil kesempatan.

"Momen indah bagi saya ketika Riyad Mahrez memberikan bola kepada Jamie," ujar Ranieri di Leicester Mercury. "Kami punya dua penyerang yang dapat mencetak gol dari titik putih dan mereka menentukannya sendiri. Riyad pun rela memberi kesempatan pada Jamie karena ia masih mengejar rekor."

Keharmonisan tim seperti ini yang menggugah hati Ranieri. "Berapa kali saya berkata tentang semangat tim. Kami telah meraup 25 poin sejauh ini karena semangat tinggi di ruang ganti yang datang dari semua pemain," ujar pelatih berjuluk The Tinker Man tersebut.

Tak hanya sang pelatih, gelandang serang tim, Marc Albrighton, pun memuji Mahrez karena tidak serakah.

"Riyad ingin mengambil penalti tapi ia memberikannya kepada Vardy. Ini pun berimbas bagus bagi tim," tutur Albrighton.

Berdasarkan statistik Whoscored, Mahrez telah berjasa dalam memberi assist langsung ke tiga dari 12 gol Vardy musim ini.

Sang striker pun berdiri kokoh di puncak klasemen Premier League dengan pemain lain yang mendekati catatannya, Odion Ighalo (Watford), Mahrez, dan Romelu Lukaku (Everton), baru mencetak tujuh gol musim ini.