Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Arak-Arakan Persib Dimulai dari Padalarang

By Firzie A. Idris - Sabtu, 24 Oktober 2015 | 08:54 WIB
Suasana penyambutan para pemain Persib pada Senin (19/10/2015). (Budi Kresnadi/BOLA/JUARA.net)

Skuat Persib akan diarak menaiki bus wisata Bandros pada pawai syukuran keberhasilan Persib merebut Piala Presiden. Pawai ini akan digelar pada Minggu (25/10/2015). Arak-arakan dimulai dari Kotabaru Parahyangan pada pukul 13.00 WIB dan diperkirakan berakhir di Lapangan Tegalega, Bandung, sekitar pukul 20.00 WIB.

Rute yang dilalui konvoi Persib adalah  Kota Baru Parahyangan-Jalan Raya Padalarang Cimareme, Gadobangkong-Padasuka-Alun-alun Cimahi, Cibabat- Fly Over Cimindi, Cibeureum-Batas Kota- Kebonjati-Otista-Viaduk-Perintis Kemerdekaan-Braga-Lembong-Tamblong, Asia Afrika-Otista dan berhenti di Lapangan Tegallega.

Pawai Persib diperkirakan akan menempuh rute sekitar 21 kilometer. Bukan hanya pemain Persib yang ikut, tetapi juga ofisial serta Muspida Jawa Barat dan Kota Bandung.

Demi pengamanan pawai yang dipastikan menyedot perhatian warga Bandung dan sekitarnya ini, akan diterjunkan sebanyak 1.736 personel gabungan dari Kepolisian, TNI, dan instansi terkait.

"Jumlah personel tersebut gabungan anggota dari Polda Jabar, Polrestabes Bandung, Polres Cimahi, Polres Bandung, Polres Sumedang, TNI dan instansi terkait yaitu Dishub serta Satpol PP. Mereka akan disebar di seluruh titik atau jalur yang akan dilalui rombongan Persib," kata Kapolda Jabar Irjen Pol Moechgiyarto.

Walikota Bandung, Ridwan Kamil, menghimbau bobotoh agar berlaku tertib menyambut pawai yang diperkirakan bakal membuat macet Bandung dan sekitarnya ini. Ia mengancam kalau ketahuan terjadi pelanggaran seperti melawan arus, tidak menggunakan helm, dan merusak fasilitas publik maka dipastikan ini akan menjadi arak-arakan Persib yang terakhir.

Selain itu, ia juga mengatakan kalau para pemain akan diberi bonus pada leg terakhir pawai ini. "Pada puncak acara di lapangan Tegalega akan dilakukan penyerahan bonus sebesar Rp500 juta kepada pemain Persib," ujarnya.