Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Van Gaal: City Tim Favorit saat Derbi Manchester

By Verdi Hendrawan - Sabtu, 24 Oktober 2015 | 06:09 WIB
Louis van Gaal (Michael Regan/Getty Images)

Manajer Louis Van Gaal kini tengah mempersiapkan skuat Manchester United untuk menghadapi Manchester City di Old Trafford pada Minggu (25/10/2015). Namun, dalam laga bertajuk Derbi Manchester itu, LvG menyebut The Citizen sebagai favorit untuk meraih kemenangan.

Van Gaal merasa bahwa posisi United saat ini di hadapan City adalah sebagai tim kuda hitam, meskipun pada musim 2014-15, Iblis Merah berhasil mengalahkan tetangganya itu dengan skor 4-2 di Old Trafford dan kalah 0-1 di Etihad.

"Ketika Anda melihat fakta, mereka berada di posisi pertama dan kami di urutan ketiga. Ada selisih gol dan perbedaan poin, jadi saya pikir mereka adalah tim favorit," kata Van Gaal kepada NBCsports.

Selain melihat posisi di klasemen, Van Gaal juga menyebut kondisi tim City saat ini lebih baik ketimbang United. Kondisi yang dimaksud LvG adalah kesiapan kedua tim untuk menghadapi pertandingan tersebut setelah kedua tim memainkan pertandingan di Liga Champions.

Meski keduanya memainkan pertandingan matchday ketiga Liga Champions pada hari yang sama, Rabu (21/10/2015), tetapi City lebih diuntungkan. Citizen memainkan pertandingan mereka menghadapi Sevilla di Etihad, sedangkan United harus terbang jauh ke Rusia untuk menghadapi CSKA Moskva.

"Kami memiliki satu hari lebih sedikit dalam mempersiapkan diri, tetapi kami harus tetap bermain dan itulah apa yang sedang kami lakukan. Kami hanya berharap bisa mengalahkan City," ungkapnya.

Meski demikian, berdasarkan poling yang dilakukan oleh JUARA.net, sebanyak 53 persen dari total 4153 responden yakin bahwa United akan memenangkan pertandingan derbi ini. Sedangkan yang percaya City akan menjadi pemenang hanya 39 persen. Sisanya, delapan persen, memilih hasil imbang.

Dalam pertandingan derbi Manchester tersebut, kedua tim juga tidak bisa menurunkan kekuatan terbaik. United telah kehilangan Luke Shaw dan Ashley Yong, sedangkan City kehilangan David Silva dan Sergio Aguero.