Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Klub Spanyol Ini Ternyata Punya Vaksin Virus FIFA!

By Indra Citra Sena - Jumat, 16 Oktober 2015 | 06:00 WIB
Diego Godin, menempuh jarak puluhan ribu kilometer tapi tetap kembali dalam keadaan fit. (Anadolu Agency)

Jeda internasional selalu menghadirkan kegetiran di kalangan pelatih klub-klub Eropa. Sebab, seringkali pemain andalan mereka harus kembali dalam keadaan cedera setelah menunaikan tugas membela negara masing-masing.

Di Spanyol, situasi tersebut biasanya menimpa Real Madrid, yang bermaterikan setumpuk bintang mancanegara. Baru-baru ini, klub  berjulukan Los Blancos alias Si Putih itu mesti merelakan Luka Modric (pangkal paha) dan Karim Benzema (hamstring) absen selama beberapa pekan ke depan.

Pada saat Madrid terinfeksi virus FIFA, tetangga mereka, Atletico Madrid, justru kebal. Terbukti, sebanyak 12 pemain yang dipanggil memperkuat tim nasional selama sepekan (8-13 Oktober) pulang dengan kondisi baik sehingga bisa langsung melakoni sesi latihan.

Padahal, sebagian besar pemain Atletico menempuh perjalanan pulang-pergi sejauh ribuan hingga puluhan ribu kilometer. Akan tetapi, tingkat kebugaran Diego Godin dkk. ternyata tidak berkurang sewaktu kembali ke Madrid.

Atletico memang hampir tak pernah bermasalah dengan virus FIFA. Salah satu surat kabar olah raga ternama di Spanyol, Marca, melaporkan bahwa Los Rojiblancos alias Si Merah-Putih hanya pernah sekali terinfeksi dalam kurun waktu lima tahun terakhir.

Peristiwa langka itu terjadi pada pertengahan Oktober 2012, ketika Arda Turan terpaksa menepi selama sebulan akibat cedera sobek otot usai membela Turki di ajang Kualifikasi Piala Dunia 2014.

Oscar Ortega

Lantas, bagaimana Atletico bisa rutin menghindari virus FIFA selama ini? Kebedaraan satu figur bernama Oscar ‘El Profe’ Ortega di jajaran staf kepelatihan teridentifikasi sebagai jawabannya.

Pria berusia 57 tahun itu merupakan pelatih fisik Atletico. Sejak tiba di Vicente Calderon mengekor Diego Simeone pada pengujung Desember 2011, dia selalu menerapkan materi latihan yang menunjang ketahanan tubuh pemain.

Terdapat empat aspek dalam pekerjaan Ortega, yaitu durasi, intensitas, kompleksitas, dan densitas (jeda waktu antara berlatih dan beristirahat). Modal inilah yang membuat ia dapat menurunkan risiko cedera para pemain Atletico.