Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

PD U-17 2015: Asa Meksiko, Petaka Argentina

By Theresia Simanjuntak - Sabtu, 24 Oktober 2015 | 15:50 WIB
Meksiko, berpeluang lolos ke sistem gugur Piala Dunia U-17 2015. (Alex Grimm - FIFA)

Kontestan dari negara yang berbahasa ibu Spanyol di Grup C mengalami dua nasib bertolak belakang di Piala Dunia U-17 2015.

Argentina belum meraup satu poin pun gara-gara menelan dua kekalahan, yakni atas Meksiko (18/10) dan Jerman (21/10). Akibatnya, Argentina berada di dasar klasemen Grup C di bawah Australia yang mengantongi satu angka.

Argentina dipastikan tidak dapat lolos sebagai wakil Grup C. Meski begitu, mereka masih berkesempatan melaju via jalur play-off dengan cara merebut tempat ketiga di Grup C.

Bukan perkara mudah bagi Argentina berada di klasemen play-off. Pertama, mereka harus mengalahkan rival terakhir mereka di Grup C, Australia (24/10).

Kedua, Argentina kudu berharap para peringkat 3 di grup lain tidak memiliki poin lebih dari tiga buah. Dari enam tim yang bersaing di play-off, hanya empat kontestan yang berhak ke babak selanjutnya.

Andai gagal lolos, hal itu bakal menjadi malapetaka bagi Argentina. Terakhir kali mereka tidak dapat melaju dari putaran perdana PD U-17 adalah pada edisi 1993!

"Saya berharap lebih banyak dari para pemain saya di laga kontra Australia. Kami harus bekerja untuk mempersiapkan diri kami di gim selanjutnya," kata pelatih Argentina U-17, Miguel Lemme, di situs FIFA.

Sementara itu, Meksiko berada di urutan kedua Grup C dengan mengemas empat poin sampai laga kedua fase grup. Tim nasional berjulukkan El Tri itu hanya perlu satu poin lagi untuk melangkah ke sistem gugur.

Meski begitu, lawan terakhir yang dihadapi Meksiko di Grup C cukup berat, yakni pemuncak klasemen, Jerman.

Jerman telah memastikan tempat di sistem gugur berkat kemenangan telak 4-0 atas Argentina (22/10) yang membawa mereka meraup enam poin dari dua gim babak grup.