Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Ryan Giggs dan Gary Neville Masuk Hall of Fame

By Firzie A. Idris - Kamis, 15 Oktober 2015 | 19:10 WIB
Gary Neville dan Ryan Giggs merayakan gol Man United pada laga kontra Aston Villa, 20 Januari 2001 (Alex Livesey/Getty Images)

Legenda Manchester United, Gary Neville (40) dan Ryan Giggs (41), mencatatkan namanya ke dalam Hall of Fame Museum Sepak Bola Nasional Inggris. Keduanya diberi penghormatan dalam sebuah upacara di Manchester bersama beberapa pemain legenda lain, termasuk mantan bek timnas Inggris, Norman Hunter serta Stuart Pearce.

Neville dan Giggs merupakan dua dari enam jebolan akademi Manchester United angkatan 1992 yang terkenal. Mereka merumput bersama David Beckham, Nicky Butt, Phil Neville, dan Paul Scholes di bawah asuhan Sir Alex Ferguson.

Giggs membawa Setan Merah meraih 13 gelar Premier League, sementara Neville meraih delapan titel saat berseragam setan merah. Mereka adalah bagian dari skuat Manchester United yang memenangkan gelar Liga Champions pada tahun 1999 dan 2008.

Giggs, yang genap berusia 42 tahun bulan depan, membuat debutnya bersama United pada 1991. Pemain sayap lincah ini telah bermain lebih dari 900 pertandingan sebelum akhirnya memutuskan untuk gantung sepatu pada 2014. Sekarang, ia melanjutkan kariernya di Old Trafford sebagai asisten manajer untuk Louis van Gaal.

Sementara itu, Neville bermain total 569 kali untuk United pada 1992 hingga pensiun di tahun 2011. Ia melanjutkan kariernya sebagai komentator dan pengamat sepak bola di Sky Sports.

Syarat untuk masuk ke Hall of Fame adalah seorang pemain harus berusia di atas 30 tahun, telah menyelesaikan karier, dan telah bermain atau menjadi manajer timnas Inggris setidaknya lima tahun.

Penulis: Fajar Muhammad Jufri