Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Kabut Asap Mengancam MotoGP Malaysia

By Tulus Muliawan - Kamis, 22 Oktober 2015 | 17:15 WIB
Kondisi sirkuit Sepang pada Kamis (22/10/2015). Foto diambil dari ruangan pers yang berada di lantai dua sirkuit Sepang. (CRASH.NET)

Kabut asap dari kebakaran hutan di Sumatera turut menyelimuti Sirkuit Sepang, Malaysia. Dorna selaku promotor MotoGP tengah memonitor kondisi sirkuit menjelang GP Malaysia, yang berlangsung 23-25 Oktober 2015.

"Kami sudah berbincang beberapa kali dengan pihak sirkuit. Kami tahu masalah ini. Kami pikir masalah asap ini sudah berakhir, tetapi masih ada," kata managing director Dorna, Javier Alonso, kepada Crash.net.

Untuk mengetahui kualitas udara da kepekatan kabut asap, Alonso meminta pihak sirkuit menyediakan alat khusus. "Jadi kami bisa mengetahui kondisi saat ini," katanya.

Berdasarkan hasil pengukuran indeks standar polusi (PSI), tingkat ketebalap asap di Sepang masih di bawah 100 persen. Dorna siap mengambil sikap jika levelnya terus meningkat melebihi angka 150.

"Saya tidak bisa bilang apa-apa saat ini karena ini cukup sulit diprediksi. Namun hari ini, kemarin, dan sebelum-sebelumnya, level PSI bertahan di angka yang sama," ujar Alonso.

Sebelumnya, kabut asap juga sempat mengganggu persiapan menjelang F1 GP Singapura 2015. Namun, pekatnya kabut asap yang menyelimuti Singapura tak sampai mengganggu jalannya balapan.

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik

MotoGP Malaysia 2015