Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Siapa Sanggup Hentikan Lewangoalski?

By Theresia Simanjuntak - Kamis, 8 Oktober 2015 | 16:18 WIB
Robert Lewandowski, tantangan untuk membobol gawang Skotlandia. (Gallo Images)

Banyak yang memprediksi bahwa striker Polandia, Robert Lewandowski, bakal menjadi momok menakutkan bagi Skotlandia saat kedua tim nasional bertemu di laga kesembilan fase Grup D Kualifikasi Euro 2016, Kamis (8/10).

Lewy, begitu sapaan Lewandowski, tengah tajam di level klub. Ia mencetak total 12 gol dalam empat penampilan terkini di seluruh ajang 2015/16 bagi Bayern Muenchen.

Selain itu, eks bintang Borussia Dortmund itu saat ini memuncakki daftar pencetak gol terbanyak Kualifikasi Euro 2016 dengan torehan 10 gol. Sebanyak enam gol Lewy lahir dalam tiga laga terakhir di kualifikasi.

Fakta-fakta tersebut sudah cukup membuat pemain bertahan lawan ketar-ketir terhadap kualitas Lewandowski. Namun, kubu Skotlandia bersikeras tidak ingin terpaku pada catatan impresif Lewy.

“Lewandowski tengah dalam performa bagus dan mencetak banyak gol. Namun, pada umumnya, saya pikir Polandia saat ini tidak berbeda dengan tahun lalu,” kata asisten pelatih Skotlandia, Mark McGhee, seperti dilansir BBC Sport.

“Kami benar-benar menghormati Lewandowski. Dia pemain fantastis. Namun, kami juga punya pemain yang sedang dalam penampilan yang bagus. Kami punya kualitas setara dengan Polandia di semua area,” ucap Ghee.

Apakah pernyataan orang nomor 2 di timnas Skotlandia itu berarti mereka optimistis dapat menghentikan catatan gol beruntun Lewandowski?

Ancaman Babak II

Pada bentrokan pertama di Kualifikasi Euro 2016 pada pertengahan Oktober 2014, Lewandowski gagal membobol jala Skotlandia.

Hal itu bisa menjadi potensi bahwa Skotlandia bisa kembali membuat Lewandowski tak berdaya saat bertemu di Stadion Hampden Park, Glasgow, Skotlandia.