Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Delapan Pemain Arema Enggan ke Martapura

By Suryo Wahono - Selasa, 27 Oktober 2015 | 02:00 WIB
I Gede Sukadana (kiri) dan Kadek Wardana, memilih absen saat uji coba ke Martapura. (Iwan Setiawan)

Arema Cronus kembali menggelar sesi latihan pada Senin (26/10) sore. Namun, tim pelatih memprediksi sesi latihan itu akan minim pemain. Pasalnya, sudah ada delapan pemain yang izin, di antaranya Kurnia Meiga, Kadek Wardana, Gilang Ginarsa, Purwaka Yudi, Hasim Kipuw, I Gede Sukadana, dan Hendro Siswanto.

Mereka tidak hanya absen latihan, tetapi absen di laga uji coba terdekat melawan Martapura FC di Stadion Demang Lehman, Martapura, Kalimantan Selatan, Sabtu (31/10).

“Mereka sudah izin, sehingga kami harus cari penggantinya,” kata pelatih Arema, Joko Susilo.

Para pemain itu punya alasan berbeda. Ada yang jenuh, cedera, hingga punya urusan mendadak. Akan tetapi, di balik itu semua, Hasim Kipuw mengutarakan ada kekecewaan pemain terhadap manajemen Arema.

Kekecewaan tersebut didasarkan perihal pembagian hadiah peringkat ketiga Piala Presiden senilai Rp1 miliar. Kipuw mengaku manajemen tidak menerima hadiah Rp1 miliar bulat sebab ada potongan pajak cukup besar.

Selain itu, pemain hanya mendapatkan hadiah 50 persen dari hadiah yang sudah dipotong pajak, sedangkan 50 persen sisanya dibayarkan dalam bentuk gaji.

“Hadiah itu bukan untuk pemain saja, tapi juga ofisial. Jadi, jumlah yang diterima pemain tidak sebanyak yang disebutkan media,” ucapnya.

Dalam media lokal Malang tertulis setiap pemain mendapatkan pembagian hadiah 26 juta rupiah. Tapi, kenyataannya menurut pemain jauh di bawah itu.

Pinjam U-18

Gelagat akan banyak pemain absen dalam latihan Senin (26/10) sudah tercium tim pelatih Arema Cronus. Untuk itu, Joko Susilo dkk. berencana meminjam pemain dari Arema U-18 untuk latihan bersama di Lapangan Paskas Abdulrachman Saleh, Malang.

“Mungkin ada empat pemain junior yang akan dipinjam untuk sesi latihan,” kata asisten pelatih Arema, I Made Pasek Wijaya.

Para pemain muda itu mayoritas akan mengisi posisi belakang dan tengah lantaran banyak pemain yang izin absen di posisi itu.

“Sekarang kami masih mendata siapa saja pemain yang bisa ikut latihan. Semoga banyak pemain yang bisa ikut ke Martapura,” tutur Pasek Wijaya.

Sebelumnya, Arema sudah mencoba menggelar latihan lebih awal pada Kamis (22/10). Namun, yang datang hanya tujuh pemain. Tim pelatih pun memutuskan ada libur tambahan hingga Senin (26/10). (iwn/kuh)