Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Pelatih Tommy Temukan Cara Lumpuhkan Chen Long

By Tulus Muliawan - Selasa, 20 Oktober 2015 | 18:00 WIB
Rashid Sidek (kiri) bersama Tommy Sugiarto setelah final Denmark Terbuka 2015, Minggu (18/10/2015). (The Star)

Pemain tunggal putra Indonesia, Tommy Sugiarto, sukses menjadi runner-up pada Denmark Terbuka 2015. Tommy kalah dari jagoan China, Chen Long, pada partai puncak, Minggu (18/10/2015).

Setelah Denmark, Tommy akan melanjutkan perburuan tiket menuju Olimpiade Rio 2016 ke Prancis Terbuka. Langkah Tommy di Prancis dipastikan tidak akan mudah karena ia akan langsung bertemu Chen Long pada babak pertama.

Menurut pelatih Tommy, Rashid Sidek, Chen Long bukanlah lawan yang mudah ditaklukkan. Pelatih berkebangsaan Malaysia itu menilai penampilan Chen Long sangat konsisten sepanjang tahun ini.

"Chen Long tak tergoyahkan dengan jangkauan tangan yang panjang, pertahanan yang kuat, dan serangan yang kuat. Kondisi fisiknya juga sangat bugar," tutur Sidek seperti dikutip The Star.

"Dia bermain lebih dari satu jam melawan Wei Nan (Hong Kong/perempat final), Viktor Axelsen (Denmark/semifinal), dan mampu kembali tampil dengan tempo tinggi melawan Tommy," kata Sidek.

Mengenai pertemuan Tommy dan Chen Long di Prancis, Sidek menyatakan dirinya telah mengantongi rahasia kekuatan Chen Long. Ia menilai kekuatan utama Chen Long ada pada kebugaran fisiknya.

Sidek juga menyarankan agar bintang bulu tangkis Malayisa, Lee Chong Wei, bisa segera mengembalikan kebugaran fisiknya agar bisa kembali bersaing dengan Chen Long dan pebulu tangkis top lainnya.