Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Rossi Akan Start di Posisi Terakhir di Valencia

By Tulus Muliawan - Minggu, 25 Oktober 2015 | 16:20 WIB
Valentino Rossi (Mirco Lazzari gp/Getty Images)

Pertarungan sengit antara Valentino Rossi dan Marc Marquez menhadirkan tontonan menarik pada MotoGP Malaysia 2015, Minggu (25/10/2015). Namun, duel itu tercoreng karena Rossi tertangkap kamera sengaja menjatuhkan Marquez saat bersaing ketat memperebutkan posisi ketiga. Sportivitas Rossi pun dipertanyakan.

Akibat insiden ini, Rossi dan Marquez diminta menemui race director seusai balapan. Berdasarkan pertemuan itu, race director menjatuhkan hukuman penalti tiga poin untuk Rossi atas aksinya di Sepang.

Tambahan tiga poin ini membuat Rossi memiliki total empat poin penalti setelah hukuman satu penalti di MotoGP San Marino. Dengan demikian, Rossi harus mengawali seri terakhir di Valencia dari posisi terakhir.

"Harusnya Rossi bisa lebih fair, balapan dengan normal. Sayangnya dia tidak bisa datang ke konferensi pers ini untuk menjelaskan apa yang terjadi di lintasan," kata Dani Pedrosa, dalam konferensi pers seusai balapan.

"Banyak orang pasti akan kehilangan respect kepada Rossi. Aksinya hari ini sangat buruk. Aksi itu tidak pantas dilakukan oleh juara dunia seperti Rossi. Ini mengecewakan MotoGP," tutur Jorge Lorenzo menambahkan.

Pertarungan ketat antara Rossi dan Marquez sudah terjadi sejak pertengahan lap kedua. Mereka berdua sama-sama berebut tempat di posisi ketiga di belakang Pedrosa dan Lorenzo.

Puncak pertarungan antara Rossi dan Marquez terjadi pada lap ketujuh. Setelah beberapa kali bersenggolan, Marquez akhirnya terjatuh di tikungan ke-14 dan terpaksa mengakhiri balapan.

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

MotoGP Malaysia 2015