Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Koeman: Liverpool Sudah Membaik bersama Klopp

By Aloysius Gonsaga - Sabtu, 24 Oktober 2015 | 05:18 WIB
Jueregen Klopp (Michael Regan/Getty Images)

Jelang bentrokan dengan Liverpool pada Minggu (25/10/2015) di Anfield, Manajer Southampton, Ronald Koeman, menyebut bahwa The Reds telah banyak berubah bersama Manajer Juergen Klopp. Padahal, dalam dua pertandingan debutnya, kemenangan belum diraih sang manajer baru itu.

Sejak ditangani Klopp, Liverpool hanya mampu bermain imbang 0-0 menghadapi Tottenham Hotspur dan 1-1 menghadapi Rubin Kazan pada ajang Liga Europa. Meski demikian, Koeman melihat telah ada banyak perubahan positif pada tim The Reds.

"Dia mendapatkan banyak sorotan dari media dan hal itu tidak mudah bagi seorang manajer baru. Ia membutuhkan waktu," kata Koeman kepada Sky Sports.

"Saya terkejut dengan penampilan Liverpool pada 30 menit pertama saat melawan Tottenham. Ada sesuatu yang berbeda dalam aspek positif, yaitu menekan permainan lawan. Saat melawan Rubin Kazan sangat berbeda, tetapi ia membutuhkan waktu untuk menempatkan segala sesuatu yang diinginkan sebagai manajer baru," ungkap Koeman.

Koeman mengaku kagum dengan perubahan yang telah dihadirkan Klopp di Liverpool. Koeman pun mengantisipasi adanya perubahan susunan pemain atau skema permainan yang nantinya akan diterapkan Klopp saat menghadapi Southampton.

Akan tetapi, mantan pelatih Borussia Dortmund itu juga harus menyadari dengan cepat bahwa di Premier League, tim mana pun bisa dikalahkan oleh kontestan lainnya.

"Manajer baru akan membawa hal-hal baru untuk tim. Mungkin akan ada perubahan dalam skema permainan dan beberapa pemain akan memiliki kesempatan untuk menunjukkan kualitas mereka. Tapi tidak mudah untuk melihat adanya sebuah perbedaan besar dalam satu atau dua pekan," sebut Koeman.

"Dia juga harus mengatisipasi bahwa setiap akhir pekan akan sangat intensif. Anda tidak memiliki banyak perbedaan dengan klub lain dan Anda harus tampil baik untuk memenangkan pertandingan. Anda bisa dikalahkan atau meraih kemenangan atas semua tim," ucapnya.

Hingga pekan kesembilan, Southampton dan Liverpool sama-sama mengoleksi 13 poin. Tiga poin akan sangat penting bagi kedua tim guna mendongkrak posisi mereka untuk mendekat ke papan atas klasemen.