Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

United dan City Tampil, Kepolisian Tambah Pasukan

By Firzie A. Idris - Rabu, 28 Oktober 2015 | 23:57 WIB
Kepolisian Greater Manchester (Dok. Sky Sports)

Lebih dari 100 ribu fans sepak bola diperkirakan akan memadati Kota Manchester pada Rabu malam (28/10/2015) waktu setempat. Hal ini membuat pihak Kepolisian Greater Manchester menambah jumlah pasukan mereka untuk mengamankan kota.

Hal ini dikarenakan Kota Manchester sedang sibuk menggelar dua pertandingan sekaligus, yaitu Manchester United yang akan menjamu Middlesbrough di Old Trafford dan Manchester City yang akan menjamu Crystal Palace di Etihad.

Kondisi ini akan membuat keramaian kota bertambah yang juga akan berdampak pada tingkat keamanan. Pasalnya, kondisi seperti ini belum pernah terjadi sejak 2009 atau dalam enam tahun terakhir.

Situasi ini disadari harus mendapat penanganan ekstra dari Kepolisian Greater Manchester. Hal ini telah dibenarkan oleh John O'Hare, Asisten Kepala Kepolisian Greater Manchester.

"Ada beberapa hal yang menjadi prioritas. Pertama, untuk menjaga kelangsungan aktivitas kota Manchester yang sangat sibuk dan menjaga infrastruktur di dalamnya. Selain itu, kami juga ingin memastikan jalur transportasi yang digunakan bisa optimal serta menambah jumlah petugas di dalam Metrolink (kereta atas tanah yang transportasi massal utama di Manchester) dan bus," kata O'Hare dikutip dari Sky Sports.

"Kami juga mendorong semua orang untuk membuat perencanaan perjalanan dengan baik jika mereka ingin datang menyaksikan pertandingan," ungkapnya lagi.

"Di atas itu semua, tentu saja hal ini dikarenakan kami akan menangani 100 ribu orang di dalam kota pada Rabu malam. Kebanyakan penduduk setempat akan menyambut mereka, tapi kami harus tetap memastikan bahwa kami dapat mengamankan situasi dengan cara paling aman dan efektif," jelasnya.