Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Mourinho Kini Rasakan Musim Terburuk di Chelsea

By Firzie A. Idris - Kamis, 29 Oktober 2015 | 17:30 WIB
Jose Mourinho, masih belum dapat mengangkat performa Chelsea di 2015/16. (Catherine Ivill - AMA)

Chelsea gagal melangkah ke perempat final Piala Liga 2015/16 pada Selasa (27/10) setelah disisihkan Stoke City lewat drama adu penalti.

Babak adu keberuntungan harus berlangsung lantaran kedua tim bermain imbang 1-1 pada waktu normal 90 menit.

Pada gim yang berlangsung di Stadion Britannia, Stoke unggul lebih dulu pada menit ke-52 lewat Jonathan Walters. Chelsea membalas pada masa injury time babak II berkat pemain pengganti, Loic Remy.

Pada adu penalti, mimpi buruk Chelsea datang dari penendang kelima, Eden Hazard. Beban dirasakan pemain asal Belgia itu mengingat semua eksekutor Stoke sukses menjalankan tugas.

Sebelum Hazard beraksi, skor di adu penalti adalah 5-4. Tak dinyana, tendangan Hazard mampu ditepis kiper Stoke, Jack Butland.

Momen tersebut terbilang mengejutkan karena Hazard punya catatan eksekusi penalti yang oke. Tanpa menghitung babak adu penalti, Hazard telah mengeksekusi 38 penalti di waktu normal. Ia sukses mencetak 30 gol penalti.

“Saya ingat beberapa adu penalti. Ada yang gagal melakukannya, seperti Arjen Robben, Cristiano Ronaldo, Kaka. Kini, eksekutor penalti terbaik kami juga gagal. Saya tidak pernah menyalahkan para pemain jika gagal mengeksekusi penalti,” kata Manajer Chelsea, Jose Mourinho, di situs klub.

Sepanjang sejarah era Mourinho, Chelsea telah menghadapi lima adu penalti di seluruh kompetisi. Tidak ada satu drama adu penalti pun yang dapat dimenangi Chelsea arahan Mourinho.

Penghakiman Mou

Hasil di rumah Stoke berarti Chelsea cuma menang satu kali dalam tujuh pertandingan terakhir di semua kompetisi.