Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Piala Dunia U-17 2015: Cile dan Korsel Mengejutkan

By Suryo Wahono - Selasa, 20 Oktober 2015 | 00:02 WIB
Jang Jae-won, membawa Korsel mengatasi Brasil (Andres Pina/AFP)

Tuan rumah Cile mengawali Piala Dunia U-17 dengan kurang mengesankan. Mereka ditahan imbang 1-1 oleh Kroasia di Santi ago pada hari pertama, Sabtu (17/10).

Hasil tersebut tentu saja tak membuat pelatih Cile, Miguel Ponce, senang. Namun, ia mengakui pertandingan pertama memang selalu sulit, apalagi setelah tertinggal 0-1 terlebih dulu. Ia masih memuji para pemainnya yang cepat bangkit.

“Pemain bereaksi sangat baik terhadap tim sebagus Kroasia. Mereka bermain dengan gaya sendiri dan hal itu membuat pelatih mana pun merasa bangga. Sudah pasti kami ingin menang dengan skor besar. Tapi, pada akhirnya kami tetap mendapat hasil yang posi tif,” kata Ponce di laman FIFA.

Dari kubu lawan, pelatih Dario Basic mengaku sulitnya menghadapi Cile dengan dukungan penuh para penonton. Hal itu ia akui cukup memengaruhi para pemain Kroasia.

“Mungkin karena alasan itulah pemain jadi tak bisa bermain sebagaimana mestinya. Tapi, target kami adalah jangan sampai kalah di pertandingan pertama. Jadi, buat saya ini tetap awal yang baik di grup terberat ini,” tutur Basic.

Cile sebenarnya lebih menguasai pertandingan dan memegang 57 persen penguasaan bola. Namun, dominasi mereka tak disertai ketajaman dan jarang membahayakan gawang Kroasia. Dari 12 tembakan yang dibuat Cile, sama dengan Kroasia, hanya satu yang mengarah ke gawang.

Pada pertandingan lain di Grup A, juara bertahan Nigeria mengawali langkahnya dengan lebih baik. Tim Elang Super itu mengalahkan Amerika Serikat dua gol tanpa balas.

Hasil lebih mengejutkan terjadi di Grup B. Salah satu favorit juara, Brasil, tumbang di tangan Korsel dengan skor 0-1! Jong Jae-won mencetak gol tunggal duel. Tak hanya itu, gol Jang juga dinobatkan sebagai yang terbaik pada hari pertama PD U-17 2015 oleh FIFA.

Gol tersebut tercipta atas permainan cantik Kim Jin-ya dan Lee Sang-heon. Kedua pemain ini mengecoh banyak pemain Brasil sebelum pemilik nama terakhir melepas umpan ke  kotak penalti. Bola lang sung disam but oleh Jang. (yuk)