Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Rooney: Smalling Salah Satu Bek Terbaik Dunia

By Wisnu Nova Wistowo - Selasa, 27 Oktober 2015 | 01:32 WIB
Chris Smalling (Getty Images)

Wayne Rooney mengakui Chris Smalling mengalami kemajuan pesat sebagai pemain bertahan. Bahkan sang kapten Manchester United itu menganggap saat ini bek tim nasional Inggris ini sebagai salah satu dari tiga pemain bertahan terbaik dunia.

Dalam 12 bulan terakhir Chris Smalling memang mengalami kemajuan dari segi performa di lapangan. Ia jauh lebih baik setelah sempat disebut 'bodoh' oleh Louis van Gaal saat mendapatkan kartu kuning kedua di laga Derbi Manchester kontra Manchester City pada November 2014.

Akan tetapi, musim ini Smalling menjadi bek paling diandalkan Setan Merah. Van Gaal juga sudah memiliki penilaian berbeda dan tak ragu untuk memberikan pujian. Bahkan ia juga yakin Smalling memiliki kemampuan menjadi pemimpin sekaligus kandidat terkuat sebagai penerus Rooney sebagai kapten Man United.

"Ya, saya terkesan dengan performanya. Ia luar biasa dan menurut saya Chris adalah salah bek tengah terbaik di dunia saat ini. Saya rasa ia berada di jajaran tiga besar," ucap Rooney.

"Ia pemain hebat dan berkembang menjadi seorang pemimpin di lini pertahanan. Itu baik untuk United dan Inggris dan semoga bisa terus berlanjut dan ia dapat membantu kami meraih kesuksesan," kata dia.

Salah satu buktinya adalah Smalling memainkan peran kunci dalam catatan United yang hanya kebobolan delapan gol sejauh ini. Hanya duo klub London, Arsenal dan Tottenham Hotspur yang baru kebobolan tujuh gol.

Selain itu, hanya Jan Vertonghen bek yang paling banyak membuat passing akurat lebih baik dari dia dengan total 295 sejauh ini di Premier League. Smalling sudah mencatatkan 288 passing akurat sebelum laga kontra Man City, Minggu (25/10/2015).