Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Demi Keselamatan, Mkhitaryan Absen untuk Dortmund

By Firzie A. Idris - Senin, 19 Oktober 2015 | 17:04 WIB
Henrikh Mkhitaryan, tak akan membela Borussia Dortmund dalam duel melawan Gabala. (Matthias Hangst/Getty Images)

Henrikh Mkhitaryan hampir bisa dipastikan tak akan memperkuat Borussia Dortmund dalam partai Liga Europa di kandang Gabala FK pada 22 Oktober. Manajemen Dortmund khawatir kunjungan ke Baku, Azerbaijan, bakal mengancam nyawa gelandang berusia 26 tahun itu.

Mkhitaryan tidak mengalami cedera. Namun mendapat izin untuk tidak membela Dortmund karena berstatus sebagai warga negara Armenia.

Maklum, Armenia sudah cukup lama terlibat perang dengan Azerbaijan. Kedua negara saling memperebutkan wilayah perbatasan Nagorno-Karabkh.

"Mkhitaryan kemungkinan besar tidak akan ikut terbang bersama anggota tim lainnya. Kami sudah memantau situasi. Terdapat konflik antara Armenia dan Azerbaijan sehingga kami memilih untuk memprioritaskan keselamatan pemain kami," ujar Direktur Klub Dortmund, Hans-Joachim Watzke, seperti dilansir Bild.

Meski begitu, Mkhitaryan sesungguhnya tidak punya masalah untuk mendapatkan visa dari pihak Azerbaijan. Selama ini, Azerbaijan selalu memberikan izin masuk ke negara mereka kepada warga Armenia yang tak pernah terlibat masalah.

"Keputusan kami lebih karena faktor keamanan. Lagipula jika sang pemain tidak merasa nyaman dan ketakutan, fakta itu akan menjadi bahan pertimbangan kami," tutur Direktur Olah Raga Dortmund, Michael Zorc.