Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Marquez Jatuh Lagi, Lorenzo Menang di Aragon

By Pipit Puspita Rini - Minggu, 27 September 2015 | 19:48 WIB
Pebalap Movistar Yamaha, Jorge Lorenzo, tampil pada sesi latihan GP Aragon, 25 September 2015. (JAIME REINA/AFP)

Pebalap Movistar Yamaha, Jorge Lorenzo, berhasil memenangi MotoGP Aragon 2015, Minggu (27/9/2015). Mengawali balapan dari posisi kedua, Lorenzo langsung merebut posisi terdepan sejak tikungan pertama hingga balapan berakhir.

Balapan di Sirkuit Motorland ini menyajikan drama menarik pada awal balapan. Juara dunia bertahan Marc Marquez tak mampu mengakhiri balapan karena terjatuh di tikungan 12 pada lap kedua.

Sepanjang musim ini, Marquez sudah lima kali jatuh. Selain di Aragon, ia juga jatuh di Sirkuit Rio Hondo (Argentina), Mugello (Italia), Catalunya (Spanyol), dan Silverstone (Inggris).

Pertarungan ketat terjadi antara Valentino Rossi dan Dani Pedrosa. Sejak lap kelima, mereka bersaing ketat memperebutkan posisi kedua di belakang Lorenzo yang tampil dominan.

Puncak persaingan antara Rossi dan Pedrosa terjadi sejak lap ke-18. Rossi sempat merebut posisi kedua, tetapi Pedrosa kembali merebutnya pada lap yang sama.

Beberapa kali, kedua pebalap saling bergantian memimpin. Pada lap terakhir, Rossi kembali naik ke urutan kedua dan sempat  menutup jalur Pedrosa.

Namun, Pedrosa tak menyerah. Dia kembali menyerang dan sempat memaksa Rossi sedikit keluar lintasan. Pedrosa mempertahankan posisinya hingga balapan berakhir.

Lorenzo mengakhiri balapan di posisi terdepan dan memastikan kemenangan keenamnya musim ini. Dengan kemenangan ini, Lorenzo memangkas jarak dari Rossi menjadi 14 poin.

Bagi Pedrosa, ini merupakan podium ketiganya musim ini setelah di Sirkuit Catalunya (Spanyol) dan Sachsenring (Jerman). Sementara bagi Rossi, ini adalah podium ke-13.

Hasil GP Aragon: