Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Metta World Peace ke Lakers sebagai Mentor

By Pipit Puspita Rini - Minggu, 27 September 2015 | 07:33 WIB
Metta World Peace terakhir kali bermain di NBA di klub New York Knicks. (Getty Images)

Power forward temperamental Metta World Peace (MWP) kembali bermain untuk Los Angeles Lakers. Pemain yang biasa disebut MWP tersebut mendapatkan kontrak setahun tanpa garansi, Jumat (25/9/2015) WIB. Sebelumnya, MWP bermain di Liga Basket Italia.

Dengan kontrak setahun tanpa garansi itu, World Peace (35 tahun) bisa mengikuti camp Lakers yang dimulai pekan depan di Hawaii. Jika ia tampil bagus, Lakers bisa meneruskan kontrak sampai akhir kompetisi reguler maupun babak play-off.

Lakers saat ini memiliki 19 pemain. Dalam aturan NBA, untuk camp persiapan kompetisi reguler, jumlah maksimal pemain 20 orang. Ketika memasuki kompetisi reguler, maksimal pemain yang didaftarkan adalah 15.

"Menurut saya, Metta World Peace merupakan mentor yang sangat bagus di kamar ganti," kata manajer umum (GM) Lakers, Mitch Kupchak. "Kami harus ekstra hati-hati, sebab terlalu banyak pemain muda jika tidak bagus."

Tim NBA terakhir yang dibela MWP adalah New York Knicks (musim 2013-14). Seperti dikutip LA Times, MWP termasuk pemain yang rajin berlatih dan hadir di fasilitas latihan Lakers pada off season ini.

Lakers terkejut melihat kemajuan pesat Julius Randle, rookie Lakers 2014 yang mengalami cedera patah kaki di musim lalu. Ternyata Randle berlatih di bawah arahan World Peace selama masa rehabilitasi.

"Saya senang melihatnya berlatih dan memotivasi Julius. Mereka berlatih sangat bersemangat. Saya tidak tahu apakah mereka berduat fit dan siap bermain bersama," tambah Kupchak.

MWP bermain empat musim di Lakers (2009-13) dengan rata-rata 9 angka per gim dan 4,0 rebound. Ia menjadi kunci Lakers saat menjadi juara 2010 melawan Boston Celtics. Lakers melepas MWP pada 2010 lewat amnesti.