Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Enrique Sangat Tertarik Gantikan Del Bosque

By Jalu Wisnu Wirajati - Sabtu, 17 Oktober 2015 | 21:17 WIB
Luis Enrique, punya hasrat jadi pelatih tim nasional Spanyol. (Gonzalo Arroyo Moreno/Getty Images)

Kontrak pelatih tim nasional Spanyol, Vicente Del Bosque, akan segera berakhir pada Juli 2016. Hal ini membuat pelatih Barcelona, Luis Enrique, mengaku tertarik untuk menggantikannya.

Del Bosque akan mundur sebagai pelatih Spanyol setelah mencoba untuk menjuarai Piala Eropa ketiga secara berturut-turut di Prancis. Meski belum menyatakan rencana pensiun, tidak diketahui apa rencana pelatih berusia 64 tahun itu kedepannya setelah tidak menjabat.

Beberapa nama pengganti telah bermunculan di media sebagai pengganti Del Bosque. Para pelatih Spanyol seperti Ernesto Valverde (Athletic Bilbao) dan Unai Emery (Sevilla) dipercaya sebagai kandidat terkuat sebagai penerus.

Meski tidak disebut sebagai calon pengganti, Enrique mengaku sangat ingin mencicipi menjadi pelatih tim nasional Spanyol. "Ya saya ingin. Sangat menginginkannya," kata Enrique kepada Sky Sports.

Akan tetapi, cita-cita tersebut tampaknya akan cukup sulit untuk direalisasikan pada saat ini. Pasalnya pelatih berusia 45 tahun itu tengah menjadi sorotan dalam penurunan performa Barcelona pada awal musim 2015-16, meskipun sukses meraih treble pada musim pertamanya.

Di sepanjang kariernya sebagai pemain, Enrique telah tampil sebanyak 62 kali bersama timnas Spanyol selama 11 tahun. Mantangelandang serang Real Madrid dan Barcelona itu berhasil mengkoleksi 12 gol bagi La Roja dalam rentang 1999 hingga 2002.