Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Taktik Sunderland Sempat Bikin Van Gaal Kesal

By Jalu Wisnu Wirajati - Minggu, 27 September 2015 | 09:17 WIB
Louis van Gaal dan Dick Advocaat. (Manchester United)

Louis van Gaal mengaku sempat kesal dengan gaya bermain Sunderland, meski akhirnya Manchester United menang 3-0 pada laga di Stadion Old Trafford itu, Sabtu (26/9/2015). 

Manchester United menang 3-0 atas Sunderland berkat gol Memphis Depay, Wayne Rooney, dan Juan Mata, Sabtu (26/9/2015). 

Van Gaal mengaku sempat kesulitan dengan gaya bermain Sunderland yang fokus bertahan dan mengandalkan serangan balik. "Kami harus selalu waspada. Untung saja, para pemain bertahan kami tampil bagus hari ini," ujar manajer asal Belanda itu. 

Gol pertama Manchester United dicetak oleh Memphis Depay pada pengujung babak pertama, tepatnya pada menit ke-4 waktu tambahan. 

"Saya senang dengan gol itu karena seolah-olah 'menghukum' lawan. Sunderland selalu membuang-buang waktu, tetapi wasit tak bereaksi," ujar Van Gaal. 

Menurut Van Gaal, gol menjadi pengaruh positif dalam sebuah pertandingan. Karena itulah, dia mengubah gaya bermain Manchester United pada babak kedua. Meski demikian, dia tetap melihat Sunderland tak bisa menembus pertahanan timnya. 

"Tentu saja menyenangkan melihat tim berada di puncak klasemen. Inilah untuk kali pertama saya mengalaminya, tentu saja saya sangat senang," kata Van Gaal seusai pertandingan. 

Sejak mengambil alih kursi manajer pada awal musim 2014-15, baru kali ini Van Gaal mengantarkan Setan Merah ke puncak klasemen sementara. Musim lalu, posisi paling tinggi yang pernah dicapai pasukan Van Gaal adalah peringkat ketiga. 

Setan Merah naik ke peringkat pertama dengan raihan 16 poin dari 7 pertandingan, unggul satu angka atas rival sekotanya, Manchester City.