Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Marquez Raih 'Pole Position', Rossi Ketujuh

By Pipit Puspita Rini - Sabtu, 17 Oktober 2015 | 12:06 WIB
Pebalap Repsol Honda asal Spanyol, Marc Marquez, memacu motornya pada sesi latihan bebas kedua GP Australia di Sirkuit Phillip Island, Jumat (16/10/2015). (MOTOGP.COM)

Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez, berhasil mengunci pole position GP Australia setelah mencatat waktu putaran tercepat pada sesi kualifikasi di Sirkuit Phillip Island, Sabtu (17/10/2015).

Sesi belum genap lima menit berjalan, Marquez melejit dengan 1 menit 28,731 detik, yang merupakan catatan tercepat akhir pekan ini. Setelah itu dia kembali ke pit untuk berganti mesin.

Aleix Espargaro (Suzuki Ecstar) dan Jorge Lorenzo (Movistar Yamaha) bersaing memperebutkan tempat kedua, tetapi catatan waktu mereka masih di atas 1 menit 29 detik.

Dengan mesin kedua, Marquez sempat hampir terjatuh. Siku dan lutut kanannya jadi penopang.

Di bawah lima menit, Andrea Iannone melakukan putaran dalam 1 menit 28,821 detik yang mengantarnya naik ke urutan kedua.

Di bawah satu menit, Marquez menajamkan waktunya menjadi 1 menit 28,364 detik. Rekan satu timnya, Dani Pedrosa, naik ke urutan kedua setelah melakukan putaran dalam 1 menit 28,712 detik.

Gebrakan terakhir dicatat Iannone dan Lorenzo. Pada percobaan terakhir, Lorenzo dan Iannone yang mengikutinya dari belakang, mencatat waku sama, 1 menit 28,680 detik.

Iannoe berhak mengunci posisi kedua, sementara Lorenzo ketiga. Lorenzo terlihat kesal karena Iannone mendapat keuntungan dengan mengikutinya.

Iannone dan Lorenzo akan start dari baris terdepan, mendampingi Marquez yang mendapatkan pole position. Baris kedua start akan diisi Pedrosa, Cal Crutchlow, dan Maverick Vinales. Rossi akan start dari tempat start ketujuh.

Berikut hasil sesi kualifikasi GP Australia.