Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Inilah Prediksi Der Klassiker versi Hitzfeld

By Wieta Rachmatia - Jumat, 2 Oktober 2015 | 07:08 WIB
Ottmar Hitzfeld (kiri), menganggap Bayern Muenchen unggul secara indiviu. (Chris Brunskill/Getty Images)

Ottmar Hitzfeld tercatat sebagai salah satu pelatih tersukses asal Jerman. Pria berusia 66 tahun ini pernah meraih gelar juara Bundesliga bersama Borussia Dortmund dan Bayern Muenchen.

Lantas bagaimana prediksi Hitzfeld menjelang duel antara kedua klub yang pernah ditanganinya tersebut? Berikut adalah prediksi Hitzfeld untuk duel der klassiker antara Muenchen versus Dortmund yang akan digelar di Allianz Arena pada Minggu (4/10).

Untuk posisi penjaga gawang, Hitzfeld jelas mengunggulkan Manuel Neuer di kubu Muenchen. Soal pengalaman, Neuer jelas lebih unggul dibandingkan palang pintu terakhir Dortmund, Roman Burski.

"Neuer merupakan kiper kelas dunia yang menguasai areanya. Dia bereaksi cepat, dan mampu membaca pertandingan secara brilian," ucap Hitzfeld seperti dilansir situs Bundesliga.

Hitzfeld juga lebih menjagokan bek Muenchen, Jerome Boateng, daripada pemain bertahan sekaligus kapten tim Dortmund, Mats Hummels. Menurutnya, Boateng lebih agresif, lebih cepat, dan lebih piawai mengatasi bola-bola atas.

Untuk posisi gelandang serang, lagi-lagi Hitzfeld berpihak kepada Muenchen. Thomas Mueller dianggap mampu menjalankan tugasnya lebih baik, ketimbang Marco Reus.

"Mueller adalah sosok fenomenal. Dia selalu berbahaya saat berada di posisi mencetak gol karena memiliki insting yang luar biasa. Dia juga seorang penyelesai akhir nan hebat," kata Hitzfeld.

Namun saat membandingkan Douglas Costa (Muenchen) dengan Henrikh Mkhitaryan (Dortmund), Hitzfeld memilih nama kedua. Costa memang sudah menciptakan sepuluh assist sepanjang Bundesliga 2015/16, tetapi pergerakkan Mkhitaryan lebih berbahaya. Mkhitaryan juga dianggap lebih banyak membuat peluang mencetak gol.

Terakhir untuk posisi ujung tombak, Hitzfeld menilai Pierre-Emerick Aubameyang (Dortmund) lebih pantas diunggulkan ketimbang Robert Lewandowski (Muenchen). "Keduanya adalah striker hebat, tetapi saat ini Aubameyang berada dalam kondisi lebih baik. Dia cepat, multi-guna, dan lebih lincah," ujar Hitzfeld.

Kesimpulan akhir, Muenchen dan Dortmund memiliki keunggulan masing-masing. Namun Hiztfeld memprediksi, Muenchen yang bakal meraup tiga poin pada akhir pekan ini.

"Muenchen lebih unggul karena mereka memiliki lebih banyak talenta individu dan lebih berpengalaman," kata Hiztfeld.