Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

McClaren: Cedera Krul Senilai 20 Poin

By Verdi Hendrawan - Jumat, 16 Oktober 2015 | 00:29 WIB
Steve McClaren (Stu Forster/Getty Images)

Cederanya Tim Krul hingga akhir musim merupakan pukulan telak bagi Newcastle United. Bahkan saking pentingnya peran kiper asal Belanda itu, Manajer Steve McClaren mengatakan cedera tersebut membuat The Magpies terancam kehilangan 20 poin pada akhir musim Premier League 2015-16.

Krul mengalami cedera saat membela timnasional Belanda menghadapi Kazakhstan di babak kualifikasi Piala Eropa 2016, Sabtu (10/10/2015). Kiper berusia 27 tahun itu dipilih tampil setelah kiper utama Oranje, Jesper Cillesen, mengalami cedera pada sesi pemanasan.

Pada pertandingan tersebut, Krul divonis mengalami cedera ligamen anterior cruciate (ACL). Posisinya pun digantikan oleh kiper ketiga Belanda, Jeroen Zoet, pada menit ke-81.

"Ini adalah sebuah pukulan besar bagi kami karena Anda sedang berbicara tentang salah satu pemain terbaik di tim kami. Dia pemain penting, sangat penting, dan dia akan membuat kami mendapatkan 18 atau 20 poin dalam satu musim jika ia bisa terus bermain," kata McClaren kepada Sky Sports.

"Kehilangan hal tersebut membuat perasaan kami hancur. Pada satu atau dua hari terakhir (sebelum cedera), kondisi dia sudah sedikit turun. Tetapi inilah sepak bola dan dia akan kembali pulih," ungkapnya.

"Dia akan mendapatkan perawatan dan operasi terbaik dan kami berharap kondisi dia bisa semakin baik dengan hal itu. Kini saatnya bagi (kiper kedua Newcastle) Rob Elliot untuk maju dan mengisi kekosongan. Dia sangat perlu untuk meningkatkan diri dan tampil," ujarnya.

Dari delapan pertandingan awal di Premir League, Newcastle belum pernah sekalipun meraih kemenangan. The Magpies baru berhasil meraih tiga hasil imbang dari Southampton, Manchester United, dan Chelsea.

Dari tiga hasil imbang tersebut, salah satu faktor keberhasilan Newcastle meraihnya juga disebabkan oleh penampilan gemilang Krul. Hal ini tentu menjadi sebuah pekerjaan besar bagi McClaren, terlebih lini serang mereka yang sejauh ini menjadi salah satu yang terendah di Premier League dalam urusan mencetak gol bersama West Bromwich dan Watford dengan koleksi enam gol.