Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Lee Chong Wei Batal Bertemu Chen Long atau Lin Dan

By Pipit Puspita Rini - Kamis, 15 Oktober 2015 | 23:38 WIB
Pebulu tangkis Malaysia, Lee Chong Wei, berusaha mengembalikan kok dari pebulu tangkis Jerman, Marc Zwiebler, pada laga Kejuaraan Dunia 2015 di istora, Gelora Bung Karno, Jakarta, 12 Agustus 2015. (ROBERTUS PUDYANTO/GETTY IMAGES)

Pertemuan antara Lee Chon Wei dan Chen Long atau Lin Dan batal terwujud pada turnamen Denmark Terbuka yang berlangsung di Ondense Sports Complex, Odense, 13-18 Oktober.

Pemain tunggal putra Malaysia tersebut terhenti pada babak kedua setelah dikalahkan wakil Hong Kong, Wei Nan, 18-21, 19-21, Kamis (15/10/2015). Laga ini berlangsung 45 menit.

Lee selalu dalam posisi tertinggal dalam perolehan poin pada gim pertama. Dia tak pernah berhasil menyamai poin Wei Nan apalagi mengungguli.

Lee memberi perlawanan sengit pada gim kedua. Kedua pemain bergantian memimpin hingga posisi imbang 16-16. Wei Nan berhasil lepas dan usaha Lee untuk mengejar tak membuahkan hasil. Wei Nan mengakhiri perjalanan Lee.

Awalnya, jika berhasil melewati babak ini, Lee diprediksi akan bertemu unggulan pertama asal China, Chen Long. Jika lolos dari hadangan Chen Long, Lee berpeluang bertemu pemain China lainnya, Lin Dan. Nemun, semua prediksi tersebut gagal terwujud.

Hasil ini tentu jadi pukulan berat bagi kubu Malaysia. Lee sangat membutuhkan tambahan poin demi bisa lolos ke Olimpiade tahun depan di Rio de Janeiro, sebelum gantung raket.

Lee meraih hasil buruk pada tiga turnamen superseries (premier) secara beruntun sejak kembali beraksi setelah menjalani delapan bulan larangan bertanding karena gagal tes doping saat ikut Kejuaraan Dunia 2014.

September kemarin, pemain 32 tahun tersebut meraih hasil buruk di Jepang Terbuka dan Korea Terbuka. Di Jepang, dia juga terhenti pada babak kedua setelah kalah dari Lin Dan.

Hasil lebih buruk didapat pada pekan berikutnya di Korea. Ayah dua anak ini bahkan tak sanggup menembus babak utama setelah kalah pada pertandingan pertama babak kualifikasi.

Setelah kekalahan ini, Lee akan mempersiapkan diri untuk turun pada Prancis Terbuka, pekan depan.