Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Dua Pemain Napoli Ini Lebih Subur dari Juventus

By Beri Bagja - Rabu, 21 Oktober 2015 | 15:00 WIB
Lorenzo Insigne dan Gonzalo Higuain, kombinasi tertajam di Serie A sejauh ini. (CARLO HERMANN/AFP/Getty Images)

 Secara geografis, wilayah Italia Tengah-Selatan (centro-sud) terbentang sejak Region Toscana sampai Sisilia di ujung terbawah Negeri Piza. Klub-klub asal wilayah tersebut sedang bergairah di Serie A.

Di antara tim empat besar klasemen sampai pekan ke-8, Inter Milan menjadi satu-satunya wakil Italia Utara di tengah himpitan anggota blok Italia Tengah-Selatan: Fiorentina, Roma, dan Napoli.

Di lain pihak, dua raksasa tradisional asal Utara, Juventus dan AC Milan, masih tercecer di luar 10 besar. Kecemerlangan tim Tengah-Selatan juga menjalar ke ranah produktivitas tim. La Gazzetta dello Sport mencatat rataan gol dari wakil centro-sud mencapai 12,5 gol per tim, sedangkan aliansi Utara rata-rata cuma 9,3 gol.

Secara total, blok centro-sud musim ini terdiri atas tujuh klub, yakni Roma, Lazio, Frosinone (Region Lazio), Fiorentina, Empoli (Toscana), Napoli (Campania), dan Palermo (Sisilia). Trio Fiorentina, Napoli, dan Roma paling mencuat karena menampilkan permainan yang apik disertai status tiga tim tersubur di Serie A musim ini.

Fiorentina, pemimpin klasemen sementara. (Carlo Hermann/AFP/Getty Images)

Roma punya koleksi 20 gol, diikuti oleh Napoli (18) dan Fiorentina (15). Bandingkan dengan blok Juve-Milan-Inter, yang secara gabungan hanya mengumpulkan total 26 gol.

Menjadi wajar apabila tim-tim Italia Tengah-Selatan dipersenjatai pemain-pemain subur. Roma punya Mohamed Salah, sedangkan Fiorentina memiliki Nikola Kalinic. Duet jagoan milik Napoli, Gonzalo Higuain dan Lorenzo Insigne, kini memimpin daftar pasangan tertajam dengan catatan 12 gol.

Kombinasi pemain berpostur tinggi-pendek itu sama-sama mencetak enam gol, terbanyak bersama penyerang Sampdoria, Eder. Catatan 12 gol bersama Higuain-Insigne bahkan sudah melebihi koleksi total seisi tim Juventus, yang baru mengumpulkan 9 gol!

Dengan bekal ketajaman pasangan Higuain-Insigne, tak heran bila Napoli layak masuk bursa kandidat peraih scudetto musim ini. “Napoli ialah mesin gol. Dengan Higuain dan Insigne, tim bisa bermimpi.” Begitu bunyi tajuk utama Harian Il Mattino, yang berbasis di Kota Napoli.