Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

De Rossi Dikejutkan Tujuh Kurcaci

By Senin, 19 Oktober 2015 | 15:15 WIB
Daniele De Rossi, saat mencetak gol di laga melawan Empoli. (Getty Images)

Daniele De Rossi merayakan penampilan ke-500 bersama Roma dengan cara terbaik. Ia mencetak gol dan mengantar Tim Serigala menang 3-1 atas Empoli di Olimpico, Sabtu (17/10).

De Rossi adalah pemain kedua Roma yang mampu mencapai plafon 500 penampilan. Rekan setim De Rossi, Francesco Totti, adalah orang yang pertama kali melakukannya. Totti telah mentas 748 kali bersama Tim Serigala di semua ajang.

Satu-satunya kekecewaan De Rossi adalah ia tak bisa merayakan golnya bersama ultras Roma di curva sud (tribun selatan) Stadion Olimpico. Curva sud kosong melompong lantaran suporter masih terus melangsungkan mogok sebagai bentuk protes mereka terhadap aturan keamanan baru di Olimpico.

“Malam yang sempurna, terutama karena saya bisa mencetak gol, hal yang tak begitu sering terjadi kepada saya,” kata De Rossi di Sky Sport Italia.

Terakhir kali De Rossi bikin gol buat Roma adalah di partai kontra Cesena (1-0) 22 Maret silam. Miralem Pjanic adalah sosok yang membuat perayaan laga ke-500 De Rossi lebih berwarna. Tanpa sepak pojok akurat Pjanic, mustahil De Rossi bisa menjebol gawang Empoli.

“Kami sangat buruk melakukan sepak pojok dalam satu laga. Sungguh aneh kami mencetak gol melalui tendangan penjuru saat kami memainkan tujuh kurcaci,” ujar De Rossi.

Saat melawan Empoli, pelatih Roma, Rudi Garcia, mengistirahatkan strikernya yang bertubuh bongsor, Edin Dzeko. Starter Roma bermaterikan pemain-pemain yang relatif mini seperti Mohamed Salah (175 cm), Iago Falque (174 cm), Alessandro Florenzi (173 cm), dan Lucas Digne (178 cm).

Roma selama ini memang tak identik dengan gol via sepak pojok. Orang terakhir yang melakukannya adalah Mattia Destro di partai melawan Chievo (3-0) 18 Oktober tahun lalu.