Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Ahok Sambut Ridwan Kamil dan Suporter Persib

By Jalu Wisnu Wirajati - Minggu, 18 Oktober 2015 | 13:54 WIB
Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama bersama Ketua Komite Pengawas Turnamen Piala Presiden Maruarar Sirait, Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Tito Karnavian, dan Pangdam Jaya Mayjen TNI Teddy Lhaksmana, saat berada di Mapolda Metro Jaya sebelum pertandi (KOMPAS.com/Kurnia Sari Aziza)

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama menyambut kedatangan Wali Kota Bandung Ridwan Kamil dan ratusan pendukung klub Persib Bandung, di Mapolda Metro Jaya, Minggu (18/10/2015) siang. 

Ridwan yang akrab disapa Emil itu datang sekitar pukul 13.00 WIB. Ia naik mobil dinasnya bersama sang istri, Atalia Praratya Kamil. 

Berturut-turut di belakangnya, ada dua bus rombongan suporter Persib yang sering disebut bobotoh dengan turut dikawal voorijder kepolisian.  

Setibanya di Mapolda Metro Jaya, Basuki langsung menyalami serta mencium pipi kanan kiri Emil. Kemudian diikuti oleh Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Tito Karnavian, Panglima Kodam (Pangdam) Jaya Mayjen TNI Teddy Lhaksmana, serta Ketua Komite Pengawas Piala Presiden Maruarar Sirait. 

Sebelum masuk bersama ke Balai Pertemuan, baik Basuki maupun Emil sama-sama meyakini tidak akan ada keributan antara Bobotoh dengan pendukung Persija Jakarta, The Jakmania.  

"Soal keamanan saya kira Pak Kapolda dan Pak Pangdam sudah oke. Kami tinggal lebih perbanyak (personel keamanan) saja," kata Basuki.  

Untuk mencegah keributan di perkampungan, Basuki mengatakan, bakal menyebar personel Satpol PP. Mereka akan fokus berjaga di pinggir perkampungan. Hal senada juga diungkapkan Emil. 

"Keamanan sudah dapat jaminan dari kepolisian. Insya Allah tidak ada masalah," kata Emil.  

Hingga pukul 13.15 WIN, pertemuan masih berlangsung secara tertutup. Sementara polisi tengah memeriksa para bobotoh yang baru tiba di Mapolda Metro Jaya. Sambil diperiksa, mereka ramai-ramai menyanyikan lagu perjuangan Bandung, "Halo-Halo Bandung". (Kurnia Sari Aziza/Tri Wahono)