Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Rossi: Jorge Jauh Lebih Kuat Dibanding Tahun Lalu

By Pipit Puspita Rini - Sabtu, 26 September 2015 | 11:03 WIB
Pebalap Movistar Yamaha asal Italia, Valentino Rossi, memacu motornya pada sesi latihan bebas kedua GP Aragon di Sirkuit MotorLand, Jumat (25/9/2015). (MOTOGP.COM)

Valentino Rossi menutup hari pertama GP Aragon di Sirkuit MotorLand, Jumat (25/9/2015), dengan menjadi tercepat kedua. Pebalap Movistar Yamaha tersebut hanya kalah cepat dari rekan satu timnya, Jorge Lorenzo.

Namun, jarak catatan waktu keduanya cukup jauh. Rossi tertinggal 0,683 detik dari Lorenzo yang membukukan putaran tercepat dalam 1 menit 47,517 detik.

"Jorge mencatat waktu putaran yang sangat bagus, dan kita tahu bahwa dia selalu sangat kuat dalam satu putaran, hot lap, dan dia bisa kuat di semua area," kata Rossi.

Pebalap berjuluk "The Doctor" tersebut menyebut Lorenzo telah membuat langkah baru sejak jeda pertengahan musim. Pada paruh pertama musim, Rossi mendominasi balapan dengan Marc Marquez (Repsol Honda) sebagai pesaing utama.

Namun, pada paruh kedua, Lorenzo semakin bagus dan bahkan sempat menyamai perolehan poin Rossi di klasemen. Gagal finis pada GP San Marino di Sirkuit Misano, dua pekan lalu, sedikit menjauhkan Lorenzo dan Rossi.

"Pada beberapa balapan terakhir, Jorge menjadi lebih baik dan dia dalam kondisi fisik luar biasa. Dia jauh lebih kuat dibanding tahun lalu. Contohnya, tahun lalu dia kadang mengalami masalah saat latihan, seperti saya, kadang berada di urutan keenam atau ketujuh. Tahun ini, dia selalu cepat dan kuat," terang Rossi.

Menurut Rossi, perubahan Lorenzo lebih disebabkan pada motivasi dan konsentrasi. "Untuk kemampuan membalapnya, saya rasa tidak terlalu banyak (berubah)," ujarnya.

Hasil sesi latihan bebas pada Jumat kemarin memang belum menggambarkan persaingan sebenarnya karena dua pebalap Repsol Honda, Marquez dan Dani Pedrosa, turun dengan memakai ban belakang hard. Rossi bahkan yakin jika mereka memakai ban medium, bisa jadi akan meraih hasil lebih cepat darinya.

Rossi juga melihat bahwa keputusan Yamaha untuk melakukan uji coba di Aragon pada 2015 merupakan langkah tepat, karena normalnya mereka sering mengalami kesulitan membalap di sirkuit ini.

Persaingan para pebalap MotoGP ini akan berlanjut pada sesi latihan bebas ketiga dan keempat, Sabtu (26/9/2015), yang dilanjutkan dengan sesi kualifikasi untuk menentukan posisi start balapan. Rossi memimpin klasemen sementara, unggul 23 poin atas Lorenzo.