Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Meraba Kans Lima Calon Debutan Liverpool

By Sabtu, 17 Oktober 2015 | 06:00 WIB
Yan Dhanda, salah satu pemain muda berbakat yang siap dipannggil Klopp. (Liverpool FC)

"Ketika saya melatih sebuah klub, setiap pemain muda di dalamnya pantas tersenyum karena kesempatan mereka untuk tampil jauh lebih besar dari masa sebelumnya. Pintu bagi mereka selalu terbuka lebar. Memang, pengalaman adalah faktor penting, tapi bukan yang utama.”

Komentar di atas meluncur dari mulut Juergen Klopp dengan dengan mantap. Mengingat sepak terjangnya selama menukangi Mainz dan Borussia Dortmund selalu diidentikkan dengan upaya mempromosikan pemain muda, Klopp jelas bisa mempertanggungjawabkan ucapannya itu.

Jika nama-nama seperti Nuri Sahin, Shinji Kagawa, Neven Subotic, Mats Hummels, Sven Bender, Kevin Grosskreutz, Mario Goetze, hingga Robert Lewandowski, mampu disulap dari pemain semenjana menjadi pilar penting, boleh jadi lima nama pemuda asal akademi Liverpool pun bakal menyusul jejak mereka.

Salah satu agenda pertama Klopp sejak ditunjuk menukangi Liverpool ialah melakoni kunjungan ke Kirkby, markas akademi The Reds. Di sana, bersama Direktur Akademi, Alex Inglethorpe, pelatih Pep Lijnders, pelatih U-21 Michael Beale, dan pelatih kiper John Achterberg, ia menyaksikan langsung penampilan tim U-18 Si Merah saat mengalahkan tim U-18 Stoke City dengan skor 1-0.

Menurut kabar yang dilansir Liverpool Echo, Klopp menaruh minat kepada lima pemain muda, yaitu Adam Phillips, Yan Dhanda, Ovie Ejaria, Ken Lewis, dan Rhian Brewster.

Jika ditarik garis merah, kelima pemain itu sama-sama dikaruniai kecepatan tinggi dan kemampuan menyuplai bola ke dalam kotak penalti, bahkan berani masuk ke garis byline untuk mengirim umpan matang. Mirip dengan mantan anak-anak didik Klopp di Dortmund. (shr)