Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Rp 406 Juta dari Loew untuk Pengungsi di Jerman

By Aloysius Gonsaga - Rabu, 16 September 2015 | 00:06 WIB
Joachim Loew (AFP)

Pelatih tim nasional Jerman, Joachim Loew, ikut memberikan perhatian terhadap krisis pengungsi yang tengah melanda Eropa. Loew pun mendonasikan 25.000 euro (sekitar Rp 406,415 juta) dari penghasilan dalam kariernya untuk membantu mereka yang sangat membutuhkan belas kasihan.

Loew melakukan hal tersebut ketika menerima penghargaan "Golden Pyramid" di Hamburg, tempat di mana dia juga dimasukkan ke dalam Hall of Fame dalam bidang olahraga Jerman. Pelatih 55 tahun ini mengumumkan bahwa dia memberikan cek dengan angka tersebut untuk membantu para pengungsi di Jerman.

"Semua itu termasuk kewajiban kami untuk membantu mereka yang membutuhkannya," ujar Loew.

Dengan demikian, Loew, yang berhasil membawa Jerman menjadi juara Piala Dunia 2014 di Brasil, bergabung dengan beberapa publik figur yang sudah lebih dulu memberikan sumbangan. Sebelumnya, legenda sepak bola Jerman, Franz Beckenbauer, mantan ratu tenis dunia Steffi Graff dan peraih dua medali emas ski Olimpiade pada 1984 dan 1988, Katarina Witt, telah melakukan hal tersebut.

"Penyambutan kami juga harus lebih baik," tambahnya. "Marilah kita terus menyambut para pengungsi dengan cara yang sama seperti kita menyambut para penggemar sepak bola dari seluruh dunia pada 2006 untuk Piala Dunia di Jerman."

Jerman termasuk tujuan para pengungsi, terutama dari Suriah, setelah Kanselir Angela Merkel memutuskan untuk melunakkan aturan bagi warga negara yang dilanda perang.