Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Identitas Pria Nekat di GP Singapura Terungkap

By Tulus Muliawan - Selasa, 22 September 2015 | 19:45 WIB
Petugas keamanan Singapura mengamankan pria misterius yang nekat melintas di lintasan saat balapan GP Singapura berlangsung, Minggu (20/9/2015). (Autosport)

Ada insiden langka yang terjadi di tengah balapan GP Singapura, Minggu (20/9/2015). Seorang pria misterius nekat melintas di pinggir lintasan saat balapan berlangsung.

Belakangan diketahui bahwa pria misterius itu bernama Yogvitam Pravin Dhokia. Berdasarkan dokumen yang dibawa Dhokia, ia merupakan warga negara Inggris berusia 27 tahun.

Hasil rekaman CCTV memperlihatkan bahwa Dhokia masuk ke lintasan melalui celah di pagar antara tikungan ke-13 dan ke-14 sirkuit jalan raya Marina Bay, Singapura.

Pengadilan Singapura menjatuhkan hukuman kepada Dhokia karena melakukan tindakan yang membahayakan keselamatan pribadi dan pebalap yang terlibat dalam balapan.

Akibat insiden ini, Dhokia terancam hukuman maksimal enam bulan penjara atau denda sebesar 1.143 poundsterling (sekitar 25 juta rupiah).

Beruntung, kehadiran penyusup itu tak sampai mengganggu jalannya balapan. Tak lama berselang, pria tak dikenal itu langsung melompat pagar dan keluar dari arena balapan GP Singapura.

Kehadiran penyusup semacam ini bukanlah hal baru di dunia Formula 1. Musim ini, seorang penyusup juga masuk melintasi trek Sirkuit Shanghai, Tiongkok, saat GP China 2015 berlangsung pada awal April.

Namun, penyusup itu tak sempat mengganggu jalannya balapan karena petugas keamanan langsung meringkus penonton yang nekat masuk dan sempat mengunjungi paddock tim Ferrari tersebut.

Video: