Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Sir Alex Klarifikasi Ucapannya

By Wieta Rachmatia - Sabtu, 3 Oktober 2015 | 07:33 WIB
Sir Alex Ferguson (kanan), dikritik pendukung Manchester United. (Martin Rose/Getty Images)

Gara-gara ucapannya soal pemain kelas dunia yang pernah bercokol di Old Trafford, Sir Alex Ferguson dicemooh para pendukung Manchester United. Banyak yang beranggapan pernyataan Fergie soal siapa saja pesepak bola kelas dunia yang pernah menjadi anak buahnya, tidak masuk akal.

Maklum, Ferguson hanya menyebutkan empat nama saja yaitu Eric Cantona, Paul Scholes, Ryan Giggs, dan Cristiano Ronaldo. Padahal cukup banyak pesepak bola tenar yang menjadi bintang bagi Manchester United di era kepemimpinan Ferguson, seperti Roy Keane, Peter Schmeichel, dan tentu saja Wayne Rooney.

Tak tahan dikritik, akhirnya Ferguson mengklarifikasi ucapannya. Pemain kelas dunia versi dirinya adalah pemain yang benar-benar mampu mengubah pertandingan.

"Jika kalian menengok kembali masa-masa saya bersama Manchester United selama 27 tahun, saya mememiliki sejumlah pemain fantastis dan sejumlah pemain hebat. Saya tak menyebut mereka tidak hebat,  mereka fantastis," ujar Ferguson seperti dikutip Bleacher Report.

"Namun konteks opini saya adalah beberapa pemain yang mampu membuat perubahan. Hal itulah yang saya nilai," kata pria asal Skotlandia tersebut.

Berdasarkan penilaian tersebut, Ferguson memang sengaja hanya menyebut Cantona, Scholes, Giggs, dan Ronaldo.

"Eric Cantona, membuat perubahan saat bergabung dengan klub pada 1993. Paul Scholes dan Ryan Giggs yang bermain di Premier League selama 20 tahun, membuat perbedaan bagi kami, tutur Ferguson.

"Tentunya, penampilan Cristiano Ronaldo. Dia adalah pemain kelas dunia seperti yang diketahui semua orang. Dia dan Lionel Messi adalah pemain kelas dunia," ujar Fergie yang menangani Manchester United sejak 1986 hingga 2013.