Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Arsenal, Juara Dunia Mimpi

By Jumat, 11 September 2015 | 11:18 WIB
Arsene Wenger, hanya juara penguasaaan bola dan dituding gagal di bursa transfer. (Getty Images)

Meski hanya berada di posisi keenam klasemen Premier League, ternyata Arsenal sudah disebut juara oleh situs Whoscored. The Gunners dinobatkan sebagai juara soal penguasaan bola.

Menurut catatan, Arsenal rata-rata menguasai bola hingga 65,1 persen pada setiap pertandingan. Perolehan tersebut jauh mengungguli pemuncak klasemen saat ini, Manchester City. The Citizens hanya duduk di tempat ketiga dengan rata-rata penguasaan bola 57,8 persen.

Penguasaan bola terbanyak didapatkan oleh Arsenal saat bertandang ke St. James' Park, markas Newcastle United, pada 29 Agustus lalu. Ketika itu Arsenal mencatatkan penguasaan bola sampai 74 persen.

Pada Sabtu (12/9), Arsenal akan menjamu Stoke City di Stadion Emirates. Dengan catatan Stoke, yang belum pernah menang dalam empat pertandingan serta terdampar di peringkat 18, jelas peluang bagi Arsenal untuk menang sangat terbuka.

Kelas Stoke memang di bawah Arsenal. Tak pelak, kemenangan seolah berada di depan mata bagi Arsenal. Namun, sesungguhnya yang dibutuhkan Arsenal tidak hanya menang atas Stoke. Begitu juga juara soal penguasaan bola saja.

Yang dibutuhkan Arsenal ialah bisa menjadi juara sungguhan di Premier League musim 2015/16. Hanya, lagi-lagi barisan legenda Arsenal sendiri meragukan hal tersebut. Sol Campbell, bek kekar zaman kejayaan Manajer Arsene Wenger era 2000-an, malah senang hati menyerang mantan bosnya tersebut dengan mengatakan skuat Arsenal akan pincang musim ini.

Campbell melihat bahwa masalah di tubuh Arsenal sekarang ialah hanya punya beberapa pemain yang berada dalam kondisi fit, terutama striker. Bila pemain itu cedera maka Arsenal akan mengalami kesulitan karena tidak punya kedalaman skuat. Hal itu yang ditakutkan Campbell dalam waktu panjang.

Omongan Campbell itu terdorong oleh kegagalan Arsenal memboyong dua penyerang kelas dunia, seperti Edinson Cavani dari PSG dan Karim Benzema dari Real Madrid. Padahal, The Gunners sangat butuh juru gedor kelas dunia.

Minim Belanja

Performa fluktuatif Oliver Giroud dan Alexis Sanchez serta cedera serius yang menimpa Danny Welbeck membuat Arsenal butuh pemain pelapis yang sepadan. Masalahnya, sampai bursa transfer tutup, tidak ada satu pun pemain tambahan yang mendarat ke Stadion Emirates.

“Arsenal terlihat seperti aktif di bursa transfer dan mencoba melakukan kesepakatan, tapi sebenarnya yang ada hanyalah nyaris atau terlalu lambat untuk mencapai kesepakatan,” kata Campbell.