Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Kaboul Pemain Paling Bandel di Premier League

By Firzie A. Idris - Minggu, 20 September 2015 | 23:26 WIB
Younes Kaboul (Getty Image)

Pemain Sunderland, Younes Kaboul, dicap sebagai paling bandel dalam sejarah Premier League atau Liga Inggris. Sejumlah pemain ndablek di masa lalu, seperti Vinnie Jones, John Hartson, atau Frank Leboeuf dianggap masih kalah dari Kaboul.

Kenapa Kaboul dianggap yang terbandel? Bek asal Prancis ini menerima kartu merah paling sering dibanding pemain manapun. Ia sudah menerima enam kartu merah di Premier League, terakhir ketika Sunderland dikalahkan Bournemouth 0-2, Sabtu (19/9).

Hanya ada tujuh pemain yang menerima lebih banyak kartu merah dari Kaboul sepanjang karier mereka di liga Inggris. Mereka adalah Richard Dunne, Patrick Vieira, Duncan Ferguson (masing-masing 8) serta Roy Keane, Alan Smith, Lee Catermole, dan Vinnie Jones (masing-masing 7).

Namun, bukan jumlah kartu merah yang menjadi patokan, tapi seberapa sering ia menerimanya. Kaboul menerima satu kartu merah rata-rata setiap 26 pertandingan, sedangkan yang lain di lebih banyak pertandingan.

Roy Keane, misalnya, satu kartu diterimanya di setiap rata-rata 52 pertandingan. Para pemain lain menerima satu kartu merah rata-rata setiap 30 pertandingan. Jadi karena alasan itulah Kaboul dianggap sebagai yang ternakal.