Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Harga Schweinsteiger Ternyata 'Hanya' Rp142 Miliar

By Zulfirdaus Harahap - Rabu, 9 September 2015 | 21:32 WIB
Bastian Schweinsteiger diboyong Man United dari Bayern Muenchen pada musim panas lalu. (Getty Images)

Nilai transfer yang dikeluarkan Manchester United untuk mendatangkan Bastian Schweinsteiger terungkap. Setan Merah disebut hanya mengeluarkan dana senilai 9 juta euro (142 miliar rupiah) untuk gelandang sekelas Schweinsteiger.

Teka-teki nilai transfer Schweinsteiger akhirnya terungkap. Ternyata Manchester United memboyong Schweinsteiger ke Old Trafford dengan biaya yang jauh dari prediksi awal.

Awalnya sempat diberitakan bahwa United merogoh kocek hingga 15 juta dan 19 juta euro untuk mengamankan jasa Schweinsteiger. Namun rupanya, uang yang dikeluarkan United untuk pemain Jerman itu 'hanya' berkisar 9 juta euro.

Pernyataan itu diungkapkan oleh mantan klub Schweinsteiger ketika masih menimba ilmu sepak bola, TSV 1860 Rosenheim.

"Nilai transfer untuk Bastian adalah 9 juta euro dan kami menerima pembayaran untuk dua tahun," kata Sandro Sacco, chief financial officer Rosenheim seperti dikutip ESPN.

"Kami akan menerima pembayaran dalam dua tahap, dan setelah dikurangi segala biaya, kami akan menerima 19 ribu euro. Kami sudah menerima pembayaran pertama pada bulan Agustus lalu," jelas Sacco.

Schweinsteiger menimba ilmu di akademi TSV 1860 Rosenheim rentang 1992-1998. Lalu, pemain 31 tahun itu bergabung dengan akademi Bayern dan menembus skuat utama pada tahun 2002 setelah sebelumnya bermain untuk Bayern Muenchen II.

Bersama Die Rotten, Schweinsteiger sukses mencetak 45 gol. Raihan tersebut dibukukan dalam 342 pertandingan.