Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Lee Yong-dae/Yoo Yeon-seong Bekuk Juara Bertahan

By Pipit Puspita Rini - Sabtu, 19 September 2015 | 12:02 WIB
Pasangan ganda putra Korea Selatan, Lee Yong-dae (belakang)/Yoo Yeon-seong, mengembalikan kok dari pasangan Jepang, Hiroyuki Endo/Kenichi Hayakawa, pada babak perempat final Korea Terbuka di Seoul, Kamis (18/9/2015). (AFP PHOTO/JUNG YEON-JE )

Pasangan ganda putra nomor satu dunia, Lee Yong-dae/Yoo Yeon-seong, memperbesar harapan tuan rumah untuk meraih gelar pada turnamen Korea Terbuka yang berlangsung di SK Handball Stadium, Seoul.

Lee/Yoo melangkah ke babak final setelah menundukkan pasangan Denmark yang juga juara bertahan, Mathias Boe/Carsten Mogensen, 23-25, 22-20, 21-17, Sabtu (19/9/2015).

Pertarungan kelas dunia disajikan kedua pasangan sepanjang 1 jam 39 menit pertandingan. Saling kejar angka terjadi sejak awal dan pertandingan berjalan menegangkan.

Pada gim pertama, Boe/Mogensen sempat unggul 14-10, tetapi terkejar dan persaingan kembali ketat. Kedudukan selalu imbang sejak 17-17 hingga 23-23. Boe/Mogensen mencatat dua poin yang memastikan mereka memenangi gim pertama.

Gim kedua berjalan serupa. Persaingan poin memang tidak seketat gim pertama, tetapi selisih terjauh kedua pasangan hanya tiga poin.

Lee/Yoo mencatat tiga angka beruntun saat tertinggal 17-19 dan meraih game point, 20-19. Boe/Mogensen meraih satu poin dan menyamakan kedudukan 20-20. Lee/Yoo memaksa rubber game setelah mencatat dua poin berikutnya.

Adu fisik dan mental berlanjut pada gim ketiga. Boe/Mogensen memimpin pada awal dan sempat unggul 6-3. Lee/Yoo beberapa kali menyamakan kedudukan hingga akhirnya berbalik unggul 9-8 dan memimpin 11-9 saat interval.

Lee/Yoo sempat jatuh bangun untuk mempertahankan keunggulan. Kerja keras mereka berbuah hasil. Mereka terus mendulang poin hingga meraih match point 20-15.

Boe/Mogensen berhasil selamat dari dua match point, tetapi tidak bisa menghentikan laju Lee/Yoo untuk memenangi laga ini. Hasil ini mengubah rekor pertemuan kedua pasangan menjadi 4-0 untuk keunggulan Lee/Yoo.

Kemenangan ini mengantar Lee/Yoo melangkah ke final untuk menghadapi pemenang laga antara Fu Haifeng/Zhang Nan (Tiongkok) dan Kim Gi-jung/Kim Sa-rang (Korea).