Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Pemain Ini Doyan Mengoyak Jala Gawang Chelsea

By Beri Bagja - Sabtu, 19 September 2015 | 14:46 WIB
Theo Walcott, pernah mencetak gol ke gawang Chelsea. (Paul Gilham/Getty Images Sport)

 Setidaknya ada lima orang yang bakal menjadi sorotan penting dalam derbi London antara Chelsea versus Arsenal, Minggu (19/9). Dua orang di antaranya ialah pelatih masing-masing kubu.  

Sudah bukan rahasia lagi bahwa bos Chelsea, Jose Mourinho (52 tahun), punya catatan rivalitas penuh konflik dengan arsitek Arsenal, Arsene Wenger (65). Meski terhitung junior dibandingkan Wenger soal pengalaman melatih di Premier League, Mourinho layak berbangga. Dalam 14 bentrokan di antara mereka, Mou unggul dengan catatan keren: 7 kali menang, 6 kali imbang, dan sekali kalah.

Cuma, pria Portugal itu kudu waspada lantaran kekalahan tunggalnya dari Wenger terjadi dalam duel terakhir di Community Shield (0-1). 

Arsene Wenger dan Jose Mourinho, terlibat perselisihan. (David Price/Arsenal FC via Getty Images)

 Dua sosok selanjutnya ialah Cesc Fabregas (Chelsea) dan Petr Cech (Arsenal). Status mereka sama, yakni mantan andalan yang kini memperkuat tim berlawanan. Cesc memperkuat Arsenal pada 2003-2011. Sejak  hengkang dari The Gunners, gelandang Spanyol itu sudah tak asing bertemu dengan mantan klubnya sebagai musuh.

Dalam tiga duel lawan Arsenal, Cesc mencatat masing-masing satu kemenangan, hasil imbang, dan kekalahan. Beda halnya dengan Cech. Sejak pindah ke Arsenal musim panas lalu, kiper Chelsea pada 2004-2015 itu sudah melakoni debut sebagai musuh The Blues di Community Shield (2/8).

Namun, momen kali ini berbeda karena sang kiper akan pulang ke kandang mantan klubnya, Stamford Bridge. “Saya belum pernah tampil di Bridge sebagai lawan, jadi laga nanti akan menjadi pengalaman baru,” kata Cech di Guardian.

Selain keempat orang tadi, satu figur lain yang layak disorot ialah Theo Walcott. Cuma, kehadiran Walcott tentu lebih erat korelasinya dengan sumbangsih bagi Arsenal. Sepanjang karier, pemain lincah berusia 26 tahun itu tergolong akrab dengan gawang Chelsea. Ia mencetak lima gol dari 14 pertemuan kontra The Blues.

Jumlah lima gol itu hanya kalah banyak dari total enam gol Walcott ke gawang korban favoritnya, Newcastle. Kans Walcott menambah gol terbuka mengingat dirinya belakangan dipercaya lagi sebagai penyerang tengah. Chelsea wajib waspada karena dalam 11 partai terakhirnya sebagai starter di liga, Walcott mencetak 11 gol!