Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Mkhitaryan Absen di Laga Liga Europa

By Wieta Rachmatia - Selasa, 8 September 2015 | 22:25 WIB
Henrikh Mkhitaryan, terancam absen di partai Liga Europa karena konflik di Azerbaijan. (Dean Mouhtaropoulos/Getty Images)

Borussia Dortmund terancam harus tampil tanpa Henrikh Mkhitaryan saat melakoni laga tandang Liga Europa 2015/16 melawan klub Azerbaijan, Gabala FK, pada 22 Oktober. Konflik yang terjadi di Azerbaijan menjadi penyebabnya.

Mkhitaryan yang berkewarganegaraan Armenia terpaksa tetap tinggal di Dortmund karena adanya perang di wilayah Nagorno-Karabakh. Seperti diketahui, Nagorno-Karabakh sempat dikuasai tentara Armenia.

Dalam beberapa pekan terakhir, kerap terjadi aksi kekerasan di wilayah tersebut. Pemerintah Azerbaijan juga memberlakukan larangan masuk ke negara mereka terhadap  warga negara Armenia.

Menurut ESPN, Azerbaijan sebenarnya bersedia memberikan visa bagi lebih dari seratus atlet Armenia yang mengikuti European Games 2015 di Baku pada Juni. Namun tidak diketahui, apakah pemerintah setempat akan kembali memberikan visa kepada Mkhitaryan yang sempat mengunjungi negara tersebut pada 2012 untuk kegiatan amal.

Sementara itu, kedutaan besar Jerman menyebutkan larangan masuk ke Azerbaijan ditujukan kepada orang dari profesi tertentu. Mereka optimistis Mkhitaryan tetap bisa mendapatkan visa karena berkunjung ke negara tersebut sebagai bagian dari tim Borussia Dortmund.