Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Lolos ke Euro 2016, Islandia Cetak Rekor Baru

By Theresia Simanjuntak - Senin, 7 September 2015 | 21:40 WIB
Skuat Islandia, kontestan Euro yang negaranya berpopulasi paling sedikit. (Google)

Saat pengundian fase grup Kualifikasi Euro 2016 pada 23 Februari 2014, Islandia tidak berada di pot unggulan, melainkan berada di pot kelima dari total enam pot.

Nasib mempertemukan Islandia dengan Belanda (pot 1), Republik Ceska (pot 2), Turki (pot 3), Latvia (pot 4), dan Kazakhstan (pot 6) di Grup A.

Di atas kertas, sulit bagi Islandia lolos ke putaran final Euro 2016 di Prancis. Mereka dan Kazakhstan adalah dua tim di grup itu yang belum pernah mencicipi putaran final ajang bergengsi macam Euro atau Piala Dunia.

Islandia melawan faktor sejarah. Gylfi Sigurdsson dkk. sukses menyegel tempat di Euro 2016 berkat hasil imbang tanpa gol kontra Kazakhstan, Minggu (6/9).

Bukan cuma lolos, Islandia saat ini memuncakki klasemen Grup A dengan koleksi 19 poin, sama dengan Rep. Ceska tapi unggul dalam selisih gol. Sungguh prestasi yang sulit dipercaya, bahkan bagi Islandia sendiri.

"Luar biasa. Saya terkejut. Kami bekerja amat keras untuk mencapai titik ini. Kami adalah skuat Islandia pertama yang dapat mencapai putaran final. Ketika saya mulai bermain bola, saya tidak pernah memimpikan hal ini terjadi," kata kapten Islandia, Aron Gunnarsson, di situs UEFA.

Islandia berpenduduk sekitar 317.351 jiwa. Rekor baru pun tercipta, yakni tim berpopulasi paling sedikit yang dapat lolos ke putaran final dalam sejarah Piala Eropa. Catatan tersebut sebelumnya dipegang Slovenia (1,9 juta jiwa) saat lolos ke Euro 2000.

Islandia memang mengalami kemajuan yang pesat sejak dilatih duet Lars Lagerback dan Heimer Hallgrimsson pada 2013. Sebelum kelolosan ini, Islandia nyaris ke PD 2014 andai tidak dikalahkan Kroasia di play-off.

STATISTIK ISLANDIA DI KUALIFIKASI EURO 2016
Laga: 8
Menang: 6
Seri: 1
Kalah: 1
Gol: 15
Kebobolan: 3
Tembakan: 89
Tembakan akurat: 32
Rataan Penguasaan Bola: 48%

Selanjutnya di Harian BOLA edisi Selasa, 8 September