Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Nomor 10 Argentina Bukan Beban bagi Aguero

By Kamis, 8 Oktober 2015 | 15:29 WIB
Sergio Aguero, akan memakai nomor 10 di partai melawan Ekuador. (Getty Images)

Kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Conmebol akan bergulir minus dua bomber terbaik, yakni Luis Suarez (Uruguay) dan Lionel Messi (Argentina).

Suarez (11 gol) dan Messi (10) beriringan di tangga pertama dan kedua daftar pencetak gol terbanyak Kualifikasi Piala Dunia 2014.

Suarez masih terkena sanksi larangan tampil sementara Messi mengalami cedera kala mentas bersama Barcelona. Barcelona sudah merasakan betul efek negatif dari absensi Messi. Mereka menang susah payah atas Leverkusen (2-1) di Liga Champion dan kalah 1-2 dari Sevilla di ajang La Liga akhir pekan silam.

Argentina tentu tak mau mengalami goncangan serupa seperti Barca kala tak dibela Messi. Pelatih Argentina, Gerardo “Tata” Martino, beruntung lantaran ia dibekali pemain yang berpotensi bisa menggantikan peran Messi sebagai pemimpin maupun sumber gol tim.

Ban kapten, yang biasanya melingkar di lengan Messi, akan diambil alih Javier Mascherano saat La Albiceleste (Si Putih Biru Langit) menghadapi Ekuador di Buenos Aires, Kamis (8/10).

“Kami harus memastikan bahwa absensi Messi bukanlah sebuah alasan,” kata Mascherano.

Jika Mascherano mengambil peran Messi sebagai kapten, Sergio Aguero punya tugas untuk memastikan hadirnya gol. Pemain yang akrab disapa Kun itu sudah melakukan pemanasan dengan sangat baik bersama klubnya, Manchester City.

Pada akhir pekan lalu, Aguero tampil spektakuler dengan menyumbang lima dari enam gol kemenangan 6-1 City atas Newcastle. Wajar jika Tata Martino menyandarkan asa mencetak gol kepada Aguero. Nama Kun tiga kali tertera di papan skor dalam empat bentrokan terakhir Argentina dengan Ekuador.

Aguero kian sahih disebut sebagai pengganti langsung Messi lantaran di partai kontra Ekuador ia akan mengenakan nomor 10.    

“Saya memakainya pertama kali di partai uji coba melawan Bosnia-Herzegovina di Amerika Serikat. Leo lantas bilang: ‘Saat saya tak bermain, Kun harus mengenakannya’. Ia kemudian mulai mengirim saya pesan: ‘Kamu akan memakainya? Kamu tidak akan berubah pikiran?’ kata Aguero di La Nacion.

Aguero sudah membuktikan bahwa mengenakan nomor 10 tak memberikannya beban ekstra. Saat beruji coba dengan Bosnia pada 18 November 2013, Argentina menang 2-0 dan kedua gol diborong oleh Aguero.