Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Bobol Gawang Palace, Iheanacho Ukir Rekor di City

By Theresia Simanjuntak - Senin, 14 September 2015 | 23:48 WIB
Kelechi Iheanacho, pahlawan kemenangan Manchester City atas Crystal Palace (12/9). (GLYN KIRK/AFP)

Sepanjang sejarah EPL, hanya ada dua tim yang melewati lima pekan perdana liga dengan kemenangan dan tanpa kebobolan: Chelsea dan Manchester City.Sepanjang sejarah EPL, hanya ada dua tim yang melewati lima pekan perdana liga dengan kemenangan dan tanpa kebobolan: Chelsea dan Manchester City.

Chelsea menjadi tim pertama yang menorehkan prestasi tersebut pada EPL 2005/06. Kala itu, London Biru mengakhiri musim tersebut sebagai kampiun liga.

City berpotensi mengikuti jejak Chelsea 2005/06, yakni menjadi juara EPL 2015/16. Kemenangan 1-0 The Citizens atas tuan rumah Crystal Palace, Sabtu (12/9), menambah manis awal musim sempurna City.

Dibandingkan empat gim liga sebelumnya, tidak mudah bagi City untuk membekuk Palace. Pertahanan Palace sangat rapat, membuat kubu tamu kesulitan untuk melepaskan tembakan akurat.

City harus menunggu sampai menit ke-90 untuk mendapat gol tunggal kemenangan. Pahlawan kemenangan City di Stadion Selhurst Park bahkan tidak banyak orang yang memprediksi. Dia adalah Kelechi Iheanacho.

Masuk menggantikan Wilfried Bony pada menit ke-89, remaja berusia 18 tahun itu langsung mencatatkan namanya di papan skor semenit kemudian.

Iheanacho menyambar bola muntah hasil sepakan Samir Nasri yang gagal diamankan secara sempurna oleh kiper Palace, Alex McCarthy.

“Saya selalu percaya kepada Kelechi. Dia tahu cara mencetak gol. Dia pemain yang sangat muda. Tidak mudah baginya bermain rutin karena keberadaan Sergio Aguero dan Wilfried Bony, tapi dia terus memperlihatkan mengapa dia penting bagi City,” kata Manajer City, Manuel Pellegrini, kepada Sky Sports.

Berkat gol terebut, Iheanacho (18 tahun, 11 bulan) tercatat sebagai pencetak gol termuda di EPL dalam sejarah City setelah Micah Richards (18 tahun, 3 bulan) dan Daniel Sturridge (18 tahun, 4 bulan).