Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Lin Dan Juara Lagi di Jepang Terbuka

By Firzie A. Idris - Minggu, 13 September 2015 | 15:02 WIB
Pemain tunggal putra Tiongkok, Lin Dan, mengembalikan kok dari pemain Indonesia, Tommy Sugiarto, pada babak semifinal Jepang Terbuka di Tokyo Metropolitan Gymnasium, Sabtu (12/9/2015). (AFP PHOTO/TORU YAMANAKA)

Pebulu tangkis tunggal putra Tiongkok, Lin Dan, meraih gelar ketiganya di Jepang Terbuka setelah menundukkan Viktor Axelsen (Denmark) pada laga final di Tokyo Metropolitan Gymnasium, Minggu (13/9/2015).

Laga 1 jam 19 menit tersebut berjalan dramatis dan menegangkan. Lin Dan memenangi laga ini dengan 21-19, 16-21, 21-19.

Axelsen menghadirkan tekanan bagi Lin Dan sejak awal pertandingan. Pemain 21 tahun tersebut memimpin dalam perolehan poin hingga terkejar pada 14-14. Setelah bersaing ketat hingga 19-19, Lin Dan meraih dua poin dan berhasil memenangi gim ini.

Axelsen kembali mengawali gim kedua dengan bagus. Meski sempat terkejar dan bersaing ketat, dia akhirnya bisa lepas dan memenangi gim kedua.

Axelsen mendapat kesempatan emas untuk memenangi pertandingan setelah unggul 11-3 pada gim ketiga atau terakhir.

Namun, Lin Dan bangkit. Satu per satu poin dia raih. Insiden terjadi ketika Lin Dan melakukan servis dalam posisi tertinggal 10-12. Hakim servis menilai servis Lin Dan salah dan poin diberikan kepada Axelsen.

Lin Dan mengungkapkan kekecewaannya dengan berbaring di lantai selama beberapa detik. Lin Dan pun mendapat teguran berupa kartu kuning dari wasit karena dinilai memperlambat pertandingan.

Pertandingan berlanjut dan Lin Dan kembali meraih poin demi poin hingga menyamakan posisi pada 13-13. Setelah bergantian memimpin hingga imbang 19-19, Lin Dan mencatat dua poin penentu kemenangan.

Bagi Lin Dan, ini merupakan gelar ketiga di Jepang Terbuka setelah 2005 dan 2006. Kemenangan ini juga meperbesar rekor kemenangannya atas Axelsen menjadi 2-1.

Dari nomor tunggal putri, Nozomi Okuhara mempersembahkan gelar juara bagi tuan rumah. Pada laga final, Okuhara menundukkan sesama pemain Jepang, Akane Yamaguchi, 21-18, 21-12.