Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Rekor Spesial Robert Lewan-goal-ski

By Theresia Simanjuntak - Jumat, 25 September 2015 | 22:21 WIB
Robert Lewandowski, memecahkan sejumlah rekor berkat lima gol ke gawang Wolfsburg. (Boris Streubel/Getty Images)

Striker Bayern Muenchen, Robert Lewandowski, mengukir sejumlah rekor dalam kemenangan 5-1 timnya atas Wolfsburg di Bundesliga 2015/16, Selasa (22/9).

Pemain asal Polandia itu mencetak semua gol kemenangan timnya! Yang lebih hebat, kelima gol itu lahir hanya dalam waktu kurang 8 menit 57 detik! Bermain sebagai pengganti pada awal babak I, hujan gol Lewandowski terjadi pada menit ke-51, 52, 55, 57, dan 60.

Mantan bomber Borussia Dortmund itu menciptakan beberapa rekor, baik untuk diri sendiri, klub, maupun Bundesliga. Terkait diri sendiri, untuk pertama kalinya Lewandowski mencetak lima gol dalam satu partai.

Rekor terbaik sebelumnya terjadi pada 24 April 2013, ketika ia mencetak empat gol melawan Real Madrid di leg I semifinal Liga Champion 2012/13.

Selain itu, untuk pertama kalinya bagi Lewandowski mempersembahkan tiga gol atau lebih dalam satu laga untuk Muenchen sejak bergabung pada pertengahan 2014.

Terkait klub, tidak banyak pemain Muenchen yang dapat membukukan lima gol dalam satu laga. Sebelum Lewandowski, legenda Gerd Mueller pernah melakukan hal sama melawan AC Omonia pada 24 Oktober 1972 di laga leg I putaran II LC 1972/73.

Terkait Bundesliga, untuk pertama kalinya dalam 24 tahun, satu pemain mencetak lima gol dalam satu laga kompetisi tersebut. Sebelum Lewandowski, ada pemain Duisburg, Michael Tonnies, melakukannya ke jala Karlsruhe pada 1991.

Tiga gol pertama Lewandowski ke gawang Wolfsburg terjadi dalam waktu 3 menit 22 detik. Catatan ini merupakan yang tercepat dalam sejarah Bundesliga.

Lewandowski juga menjadi pemain tercepat dalam sejarah yang mengukir empat gol (5 menit 42 detik) dan lima gol dalam satu laga Bundesliga.

Rekor lain Lewandowksi di kompetisi domestik tersebut adalah ia menjadi pemain pengganti pertama dalam sejarah Bundesliga yang mampu mengukir lima gol dalam satu partai.