Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Debut Duel Van Gaal dan Advocaat di EPL

By Theresia Simanjuntak - Sabtu, 26 September 2015 | 09:13 WIB
Louis van Gaal, bertemu Dick Advocaat untuk pertama kalinya di Premier League. (Matthew Peters/Manchester United)

Manchester United, tim di peringkat kedua klasemen Premier League 2015/16, bakal menjamu juru kunci Sunderland di Stadion Old Trafford, Sabtu (26/9).

Partai pekan ketujuh tersebut akan mempertemukan dua pelatih senegara asal Belanda, Louis van Gaal (United) dan Dick Advocaat, untuk pertama kalinya di EPL.

Namun, keduanya telah bersua sembilan kali di kompetisi lain seperti Eredivisie Belanda dan Liga Champion. Rekor pertemuan kedua pelatih memperlihatkan Van Gaal inferior. Ia baru sekali mengalahkan Advocaat! Akankah Van Gaal dapat memperbaiki rekor pertemuannya atas Advocaat?

Selain sama-sama dari Belanda, kedua pelatih sedang senang menggunakan skema yang sama: 4-2-3-1. Penyerang tengah akan menjadi tumpuan utama dalam mendulang gol.

Di United, Van Gaal tampaknya akan memercayakan Anthony Martial. Pemain berusia 19 tahun itu telah mencetak empat gol dalam empat penampilan di semua ajang yang semua gol itu lahir lewat kaki kanannya.

Di sisi lain, Advocaat bakal berharap Jermain Defoe menambah pundi-pundi gol di EPL 2015/16 yang saat ini berjumlah dua gol.

Van Gaal perlu menginstruksikan anak asuhnya agar tangguh dalam bola-bola atas. Pasalnya, Sunderland jago dalam situasi tersebut. Sunderland memenangi 124 duel udara, terbanyak ketiga di EPL musim ini setelah Aston Villa (148) dan Liverpool (127).

Sebaliknya, United cuma menangi 84 duel udara, terendah keempat di liga musim ini. Mereka telah kebobolan dua gol sundulan.

United belum mampu mencetak gol sundulan musim ini, sementara Sunderland punya satu gol sundulan.