Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Martinez: Penampilan Stones Tak Tergantikan

By Verdi Hendrawan - Minggu, 13 September 2015 | 05:20 WIB
John Stones (Stu Forster/Getty Images)

Manajer Roberto Martinez mengaku senang dengan penampilan bek John Stones saat Everton melibas Chelsea dengan skor 3-1 di Goodison Park, Sabtu (12/9/2015). Bagi manajer asal Spanyol itu, penampilan bek berusia 21 tahun tersebut tidak tergantikan di skuat The Toffees.

Martinez mengaku senang dengan gaya bermain dan kepemimpinan Stones di lini belakang Everton. Hal tersebut berhasil membuat Chelsea hanya memiliki sedikit peluang untuk mengancam gawang tim.

Hal tersebut juga menjadi alasan utama bagi Everton untuk ngotot mempertahankan Stones yang pada sepanjang jendela transfer musim pasan 2015 menjadi incaran utama Chelsea. Bahkan penampilan pemain yang dibeli dari Barnsley pada Januari 2013 dengan harga 3,5 juta poundsterling itu dipercaya Martinez akan menjadi kapten timnas Inggris suatu saat nanti.

"Terkadang Anda bermain melawan tim juara dan Anda dapat mengalahkan mereka, tetapi Anda akan melihat hal tersebut hanya sebagai keruntungan. Selama 90 menit kami mampu membatasi peluang Chelsea yang hanya memiliki dua tembakan tepat sasaran," kata Martinez kepada Sky Sports.

"Sangat jelas John telah menunjukkan bahwa kami tidak bisa mengganti pemain seperti dia pada pertandingan tersebut. Dia telah mendapatkan ujian yang berat dan kami tidak pernah memiliki keraguan dalam cara dia bermain dan dia tidak pernah membuat tim kecewa," lanjutnya.

"Dia selalu berlatih dan bermain dengan baik. Pada hari ini ia telah menunjukkan bahwa ia akan menjadi kapten Inggris di masa yang akan datang.

Selain tentang Stones, Martinez juga memberi pujian kepada Steven Naismith yang berhasil mencetak hattrick. Tampil sebagai pemain pengganti dan kurang mendapat kepercayaan dari manajer membuat striker Skotlandia itu akan kesulitan, tetapi fokusnya berhasil mengantarkan tim meraih kemenangan.

"Tidak akan mudah bagi Naisy karena ia tidak cukup siap dan tidak cukup senang karena berada di luar tim utama, namun ia telah memberi contoh nyata kepada kami tentang fokus dan konsentrasi. Kami tahu bisa bermain lebih baik lagi, tetapi apa yang telah Anda lihat adalah kinerja yang lengkap," ungkap Martinez.