Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Neymar-Messi Menangkan Barca di Vicente Calderon

By Verdi Hendrawan - Minggu, 13 September 2015 | 03:37 WIB
Lionel Messi, saat mencetak gol kedua Barcelona ke gawang Atletico Madrid. (Denis Doyle/Getty Images)

Barcelona berhasil melanjutkan tren positif mereka pada awal musim 2015-16 dengan sukses meraih kemenangan di Estadio Vicente Calderon. Menghadapi tuan rumah Atletico Madrid, Blaugrana sukses meraih kemenangan 2-1 berkat gol Neymar Junior dan Lionel Messi.

Meski berlangsung di Vicente Calderon, Barcelona mendominasi jalannya pertandingan. Tim arahan Luis Enrique itu berhasil menguasai bola sebanyak 69 persen!

Akan tetapi, meski hanya memiliki 31 persen bola, Atletico bermain lebih efektif. Los Colchoneros berhasil mendapatkan 11 peluang, sedangkan Barcelona hanya 13 peluang.

Atletico juga yang berhasil mencetak gol pembuka pada pertandingan tersebut. Pada menit ke-51, Fernando Torres berhasil memanfaatkan celah di pertahanan Barca yang membuatnya tidak terjaga dan meneruskan umpan terobosan Tiago Mendes menjadi gol.

Akan tetapi, Barcelona bisa dengan cepat bangkit. Pada menit ke-55, Neymar Junior berhasil membuat skor pertandingan kembali sama kuat berkat gol dari eksekusi tendangan bebas nan indah, yang tidak bisa dijangkau oleh kiper Jan Oblak.

Pada menit ke-60, Enrique akhirnya menurunkan Lionel Messi dari bangku cadangan untuk masuk menggantikan Ivan Rakitic. Hanya butuh 17 menit, megabintang Argentina itu sukses membawa Barcelona untuk pertama kalinya unggul dalam laga tersebut.

Melalui sebuah kemelut di luar kotak penalti, bola berhasil dikuasai dan diserahkan Jordi Alba kepada Luis Suarez. Dengan satu sentukan, striker Uruguay itu memberikan umpan kepada Messi untuk menaklukkan Oblak dengan sebuah sepakan chip di depan gawang.

Tertinggal 1-2, Atletico sempat mengerahkan seluruh daya serang mereka dengan menurunkan empat striker sekaligus dengan memainkan Jackson Martinez, Yannick Ferreir Carrasco, dan Luciano Vietto untuk mendampingi Antoine Griezmann. Akan tetapi skor tetap tidak berubah hingga wasit Antonio Mateu meniupkan peluit tanda pertandingan berakhir.

Kememangan ini membuat Barcelona kini bercokol di puncak klasemen dengan poin sempurna, sembilan, dari tiga pertandingan. Blaugrana berhasil menggeser Real Madrid yang sempat merasakan puncak klasemen setelah menang 6-0 atas Espanyol, meskipun masih bisa disalip oleh Celta Vigo dan Eibar.

Susunan pemain: