Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

FIFA Selidiki Kontroversi Transfer Mohamed Salah

By Arief Kurniawan - Sabtu, 12 September 2015 | 10:30 WIB
Gelandang AS Roma, Mohamed Salah, dituduh melanggar kesepakatan transfer. (Giuseppe Bellini/Getty Images)

Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) akan melakukan penyelidikan terhadap transfer pemain Chelsea yang kini dipinjamkan ke AS Roma, Mohamed Salah.

Langkah ini diambil FIFA setelah organisasi itu mendapat pengaduan dari Fiorentina, klub yang meminjam Salah dari Chelsea pada paruh kedua musim 2014-15.

Fiorentina merasa dirugikan dengan keputusan Salah hengkang ke Roma. Padahal La Viola masih punya hak untuk memperpanjang Salah hingga setahun ke depan.

"Kami mengonfirmasi telah menerima klaim dari klub Italia, Fiorentina, terhadap klub Inggris, Chelsea, dan pemainnya, Mohammed Salah Ghaly, terkait pelanggaran kontrak. Masalah ini masih dalam investigasi," tulis pernyataan FIFA.

Fiorentina memilih menempuh jalur hukum lantaran kubu Chelsea dan Salah tidak merasa melanggar kesepakatan yang telah dibuat. Mereka berharap FIFA bisa segera menuntaskan kasus ini demi menciptakan keadilan.

"Saya tidak pernah mengharapkan hal ini terjadi. Mohamed Salah sendiri yang ingin menandatangani perjanjian pribadi," kata Direktur Olahraga La Viola, Daniele Prade, di laman Football Italia beberapa hari lalu.

Salah bergabung dengan Fiorentina dengan status pinjaman dari Chelsea pada bursa transfer Januari 2015. Gelandang Mesir itu merupakan bagian dari pertukaran dengan Juan Cuadrado antara Chelsea dan Fiorentina.